Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Feb 2021 10:45 WIB

TRAVEL NEWS

Viral Foto Gede Pangrango Tempelan hingga Provinsi Termiskin di Indonesia

Screenshot Twitter Dinas LH DKI yang menampilkan foto karya Ari Wibisono
Foto: Screenshot Twitter Dinas LH DKI yang menampilkan foto karya Ari Wibisono
Jakarta -

Foto Gunung Gede Pangrango yang tampak di Jakarta sempat dikritik tempelan. Sang fotografer pun memberikan klarifikasi.

Gunung Gede Pangrango yang terlihat di Ibukota Jakarta sempat mencuri perhatian warga. Beberapa bahkan mengabadikannya lewat kamera ponsel.

Penampakan Gunung Gede Pangrango juga diabadikan oleh fotografer bernama Ari Wibisono. Foto itu pun diunggah ulang oleh Dinas Lingkungan Hidup Jakarta.

Dihubungi terpisah oleh detikTravel, Rabu (17/2), Ari membenarkan bahwa foto itu dipotret langsung olehnya kemarin pagi dari lokasi yang sama.

"Saya berangkat dari rumah saya nggak jauh dari Matraman menuju Kemayoran. Nah pas saya naik ke flyover Kemayoran yang ke arah Wisma Atlet sebelah kanan saya ada Gunung Gede Pangrango gagah sekali dan sangat jelas. Saya langsung foto saja dari jembatan itu pukul 06.20 WIB," ujar Ari.

Lebih lanjut, Ari menyebut kalau ia memotret momen indah itu lewat kamera mirrorless miliknya. Ia sendiri berada di lokasi hingga pukul 08.00 WIB.

Akan tetapi, seorang fotografer senior, Arbain Rambey mengatakan bahwa foto Gunung Gede Pangrago yang dipotret oleh Ari adalah editan.



Menanggapi cuitan itu, Ari pun mengulas detil di balik pemotretan fotonya lewat klarifikasi di feed dan story instagram miliknya.

"Saya memfoto gunung ini hanya memakai zoom 260MM," klarifikasinya.

Ya saya berharap sebelum berkomentar soal fotografi lebih baik mencoba memotret dengan angle yang sama baru berkomentar. Jujur saya kecewa atas semua tuduhan mas Arbain (soal) foto saya tempelan," ujarnya saat dihubungi oleh detikTravel, Kamis (18/2/2021).

Ari juga menjamin, bahwa siapa pun yang memotret Gunung Gede Pangrango di titik yang sama dengannya bisa mendapat foto serupa.

"Saya jamin di titik itu ketika udara bersih ibukota Gunung Gede Pangrango akan terlihat jelas dengan mata telanjang.

Selain memotretnya langsung, Ari mengaku kalau mengedit sedikit fotonya menggunakan aplikasi Adobe Lightroom. Namun, sebatas edit kontras dan cahaya saja.

"Intinya saya tidak ada niatan untuk meng-crop foto (tempel foto)," tutupnya.

Namun kini, diskusi Gunung Gede Pangrango tempelan telah mencapai titik temu. Sang pemotret dan fotografer senior Arbain Rambey berakhir damai.

Itulah berita terpopuler detik Travel selama sepekan. Ada pula berita tentang provinsi termiskin penduduknya di Indonesia. Urutan pertama diduduki oleh Papua dengan angka kemiskinan 26,8%, lalu Papua Barat dengan 21,7%, Nusa Tenggara Timur dengan 21,21%, Maluku, 17,99% dan Gorontalo 15,59%.

Berikut 5 Berita Terpopuler Detik Travel Sepekan Lengkapnya:



Simak Video "Sejumlah Wilayah di DKI Diguyur Hujan hingga Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA