Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Tradisi Sejak 1904, Festival Bajak Laut Terhenti Gegara Corona

Setelah 100 Tahun, Festival Bajak Laut Tak Digelar
Foto festival bajak laut tahun lalu. (AP)
Jakarta -

Sudah lebih dari 100 tahun festival bajak laut Gasparilla selalu digelar di Tampa, AS. Tapi karena pandemi Corona, pesta meriah tersebut tidak dilaksanakan kali ini.

Dikutip detikTravel dari AP, festival bajak laut Gasparilla sudah digelar sejak tahun 1904. Organisasi Ye Mystic Krewe yang mengadakan acara ini selalu menarik ratusan ribu orang tiap tahunnya. Kapal-kapal bajak laut biasanya berjejer di sepanjang Teluk Tampa di Bayshore Boulevard.

Parade Gasparilla meliputi musik, pernak pernik hingga marching band membuat banyak orang bersorak gembira. Pemain utama yang menarik perhatian adalah anggota 'krewe' selaku penyelenggara festival yang berpakaian seperti bajak laut.

Setelah 100 Tahun, Festival Bajak Laut Tak DigelarSetelah 100 Tahun, Festival Bajak Laut Tak Digelar Foto: (AP)

Mereka biasanya datang ke darat dari kapal layar setinggi 50 meter yang didesain seolah berasal dari abad ke 18. Para krewe datang berbondong seakan ingin menjarah kota. Sayang, kemeriahan itu tak terlihat di tahun ini.

Sebelumnya, acara hanya ditunda untuk dilaksanakan pada bulan April, tapi kemudian diputuskan untuk batal diselenggarakan. Rencananya, festival bajak laut akan diadakan kembali pada Januari 2022.

"Setelah banyak percakapan dengan teman-teman dengan sedih kami mengumumkan bahwa 'krewe' kami akan tetap di lepas pantai sampai laut tenang dan tidak akan menyerang pantai Teluk Tampa pada tahun 2021," menurut pengumuman yang diberikan oleh organisasi Ye Mystoc Krewe.

"Perhatikan, sumpah kami, kami akan kembali pada 2022," tambahnya.

Setelah 100 Tahun, Festival Bajak Laut Tak DigelarSetelah 100 Tahun, Festival Bajak Laut Tak Digelar Foto: (AP)

Biasanya, ada sekitar 60 'krewe' dalam pawai yang juga melakukan kegiatan amal dan sosial sepanjang tahun. Menurut penyelenggara, Gasparilla merupakan salah satu parade terbesar di Amerika.

Selain parade Gasparilla, banyak pula acara besar lain yang sudah ditunda dan dibatalkan akibat pandemi virus Corona, termasuk parade Mardi Gras di New Orleans. Walikota Tampa, Jane Castor pun memuji keputusan penyelenggara festival untuk membatalkan parade Gasparilla di tahun ini

Gasparilla sendiri berasal dari nama bajak laut Spanyol, Jose Gaspar. Menurut cerita, dia telah berkeliaran di sekitar Pantai Teluk Florida sebelum meninggal kira-kira pada tahun 1821.



Simak Video "Sensasi Level Pedas Ceker Maut Mengoet Perut, Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT