Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Feb 2021 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

United Airlines Hapus 24 Pesawat Boeing 777 dari Penerbangan

Putu Intan
detikTravel
Mesin United Airlines Terbakar
Mesin United Airlines terbakar. Foto: Andy Cross/The Denver Post via AP
Washington DC -

Maskapai United Airlines akhirnya melakukan grounded atau tak menerbangkan 24 pesawat Boeing 777 yang mereka miliki setelah insiden mesin terbakar.

Diberitakan CNN, Senin (22/2/2021) United Airlines menghentikan operasi Boeing 777 dengan mesin Pratt & Whitney (PW) 4000 sesuai arahan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Di samping itu, langkah ini juga diambil agar tak mengganggu penumpang.

United Airlines menyampaikan melalui email bahwa mereka secara sukarela mengeluarkan pesawat itu dari jajaran armadanya karena sangat berhati-hati dan bekerja dengan penyelidik untuk menentukan tindakan pencegahan tambahan.

"Dengan kami mengganti pesawat, kami berharap hanya sebagian kecil dari penumpang yang tidak nyaman," kata juru bicara United Airlines, David Gonzales, dikutip dari Washington Post.

Dalam investigasi awal, FAA mengatakan sejumlah data menunjukkan bahwa Boeing 777 dengan mesin PW 4000 perlu lebih sering mendapatkan perawatan.

United Airlines planes are parked at George Bush Intercontinental Airport Wednesday, March 25, 2020. The airlines have reduced the number of flights flown each day as fewer people are flying due to the COVID-19 outbreak. The new coronavirus causes mild or moderate symptoms for most people, but for some, especially older adults and people with existing health problems, it can cause more severe illness or death. (AP Photo/David J. Phillip)Pesawat United Airlines. Foto: AP/David J. Phillip

Para investigator menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi kerusakan pada mesin pesawat berjenis PW 4000 ini karena adanya bagian unik yang disebut sebagai bilah kipas berongga.

FAA mengatakan, United Airlines adalah satu-satunya maskapai di Amerika Serikat (AS) yang masih menggunakan mesin tipe ini. Pengguna lain mesin PW 4000 adalah Jepang dan Korea. Untuk Jepang, regulator penerbangan baru melarang maskapainya menggunakan Boeing 777 dengan mesin PW 4000 setelah terjadi insiden di AS.

Puing Pesawat United AirlinesPuing Pesawat United Airlines. Foto: Broomfield Police Department via AP

Sementara itu, Boeing selaku produsen pesawat ini juga angkat bicara. Mereka berjanji akan kooperatif dalam proses investigasi.

"Boeing mendukung keputusan Biro Penerbangan Sipil Jepang dan FAA yang menangguhkan operasi Boeing 777 dengan mesin Pratt & Whitney 4000-112. Kami bekerja sama dengan regulator dalam mengambil keputusan selama pesawat tidak dioperasikan dan inspeksi lebih jauh akan dilakukan oleh Pratt & Whitney," kata Boeing seperti dikutip dari CNN.

Insiden mesin pesawat terbakar ini melanda United Airlines dengan nomor penerbangan 328 yang bertolak dari Denver menuju Honolulu pada Sabtu (20/2). Mesin kanan meledak dan terbakar sehingga pesawat terpaksa kembali ke bandara.

Beruntung, seluruh penumpang dan awak yang berjumlah 241 orang selamat. Namun puing-puing pesawat tampak jatuh berserakan di permukiman warga.



Simak Video "Melihat Bangkai Pesawat MH17 yang Kena Rudal di Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA