Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Feb 2021 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

Tak Cuma Gorila, Kini Singa juga Terjangkit COVID-19

Putu Intan
detikTravel
A male lion is seen at the Masai Mara National Reserve in Kenya 03 August 2002. More than a million wildbeests and zebras cross anually the border betwen Tanzanias Serengueti Plains and Kenyas Masai Mara National Reserve in search of fresh  grass and water. 
      AFP PHOTO/Pedro UGARTE / AFP / PEDRO UGARTE
Ilustrasi singa. Foto: AFP PHOTO/PEDRO UGARTE
Praha -

Dua ekor singa dan seekor gorila di Praha dilaporkan terjangkit COVID-19. Gejala yang dialami mirip dengan manusia.

Dilansir dari Reuters, satwa-satwa tersebut tinggal di Taman Margasatwa Praha. Saat ini, Praha sedang menerapkan karantina wilayah (lockdown) sehingga tak ada pengunjung yang datang ke sana. Akan tetapi, COVID-19 tetap menyerang singa dan gorila tersebut.

"Singa Jamvan dan Suchi serta gorila jantan Richard dinyatakan positif pada hari ini. Gejala mereka sejauh ini ringan. Singa-singa itu mengalami pilek dan batuk. Richard lelah dan kehilangan nafsu makan," kata Direktur Miroslav Bobek melalui akun Facebooknya.

Bobek memperkirakan, para satwa kemungkinan besar terpapar COVID-19 dari karyawan margasatwa. Sementara itu, hewan lain masih dicek kondisinya.

Kasus COVID-19 di Republik Ceko secara umum memang tengah melonjak. Kasusnya pun termasuk yang tertinggi di dunia berdasarkan basis per kapita. Hingga Jumat (26/2/2021) malam, kasusnya mencapai 1,2 juta.

Sebelumnya, dua ekor gorila di Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat juga dinyatakan positif COVID-19. Para gorila ini mulanya mengalami gejala batuk. Setelah dicek, mereka ternyata terinfeksi COVID-19.

"Selain sesak dan batuk, gorila dalam keadaan baik-naik saja," kata Direktur Eksekutif Kebun Binatang San Diego, Lisa Peterson.

"Kelompok itu tetap dikarantina bersama dan sedang makan dan minum. Kami berharap (mereka) bisa sembuh total," dia menambahkan.

Para gorila ini diduga tertular karyawan kebun binatang yang terinfeksi COVID-19 tanpa gejala. Padahal kebun binatang sudah menerapkan protokol kesehatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Para karyawan juga memakai APD saat berada di dekat gorila.

Setelah menjalani perawatan intensif, para gorila ini akhirnya dinyatakan sembuh dari COVID-19.



Simak Video "3 Pemuda di Makassar Diciduk, Terlibat Jaringan Bandar Tembakau Gorila"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA