Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 27 Feb 2021 15:48 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal 5 Pakaian Tradisional Wanita Vietnam

Anastasia Anjani
detikTravel
pakaian tradisional wanita vietnam
Foto: Getty Images/iStockphoto/SAKDAWUT14/Mengenal 5 Pakaian Tradisional Wanita Vietnam
Jakarta -

Kalau detikers jalan-jalan ke Vietnam, pasti melihat para wanita dengan pakaian yang memesona. Ya, para wanita Vietnam mengenakan pakaian tradisional.

Pakaian adat khas Vietnam biasanya memiliki corak warna yang beragam, berbahan katun atau sutera. Pakaian tradisional wanita Vietnam biasanya dikenakan saat musim panas.

Berikut adalah beberapa pakaian tradisional wanita Vietnam yang dilansir buku berjudul Wisata Hemat Ho Chi Minh oleh Andi Kristono dan sumber lainnya:

1. Ao Dai Long Dress

Ao Dai adalah pakaian tradisional wanita Vietnam yang dikenakan sejak abad ke-18. Awalnya pakaian adat ini diberi nama Hue kemudian berganti nama menjadi Ao Dai.

Ao Dai adalah pakaian berlengan panjang dan berjenis long dress hingga mata kaki. Dengan mengenakan Ao Dai, seorang wanita Vietnam dipercaya akan menampilkan kecantikan sejati yang dimilikinya.

2. Ai Tu Than

Vietnam utara memiliki pakaian tradisional wanita bernama Ao Thu Than. Pakaian ini terbuat dari gaya tunik yang khas, terdiri dari empat bagian, dan dipadupadankan dengan rok panjang.

Selain itu, Ao Tu Than juga dikenakan dengan topi besar yang terbuat dari daun yang disebut Non Quai Thao. Biasanya pakaian ini dikenakan saat pertunjukan musik tradisional seperti Cheo dan Tuong.

3. Ao Dai Dua Bagian

Di wilayah tengah dan selatan Vietnam, Ao Dai dipakai dengan model yang lebih sederhana. Ao Dai dari wilayah pusat ini terbuat dari tunik panjang yang hanya memiliki dua bagian.

Ao Dai dua bagian ini bisa dipadukan dengan celana longgar. Celananya bisa berwarna putih, hitam, ataupun warna-warna lainnya.

Ao Dai dua bagian ini biasa dipasangkan dengan topi yang berbentuk seperti kerucut yang disebut Non La. Non La biasa digunakan untuk melindungi dari hujan maupun panas. Topi ini dijual secara bebas di toko-toko suvenir Vietnam.

Ao Dai dua bagian ini memiliki makna menutupi semuanya tetapi tidak menyembunyikan apa-apa. Ao Dai juga merepresentasikan kecantikan alami wanita Vietnam.

4. Ao Ba Ba

Ao Ba Ba adalah pakaian khas pendamping wanita Mekong Delta sejak jaman dahulu. Ao Ba Ba berupa kemeja yang menggambarkan kecantikan wanita pedesaan. Wanita pedesaan memiliki sifat ramah, natural, dan lembut.

Ao Ba Ba juga merupakan baju tanpa kerah yang bagian belakangnya terbuat dari selembar kain, di mana bagian depannya terdiri dari dua bagian, dan di bagian tengahnya terdapat dua tali pengikat dari atas ke bawah.

Ao Ba Ba sering dipadukan dengan celana panjang hitam atau putih.

5. Pakaian Adat Etnis Hmong

Hmong adalah etnis minoritas yang berada di Vietnam Utara. Mereka mengenakan pakaian tradisional yang terbuat dari tekstil dan tenun dengan warna yang cerah.

Pakaian tradisional Hmong memiliki ciri khas karena sulamannya dan dikenal sebagai paj ntaub atau kain bunga. Pakaian tradisional dibuat dengan detail dan susah payah, dengan rok lipat yang rumit.

Itu tadi adalah deretan pakaian tradisional wanita Vietnam. Pakaian adat wanita Vietnam mana yang ingin kalian coba detikers?



Simak Video "Vietnam Lockdown Dua Minggu Buntut Rekor Kasus Harian"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA