Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 02 Mar 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kereta Kuno Berusia 2.000 Tahun Ditemukan di Pompeii, Apa Fungsinya?

Putu Intan
detikTravel
Arkeolog menemukan peninggalan Pompeii berupa kereta upacara kuno. Ini merupakan kereta upacara pertama yang pernah ditemukan.
Foto: Parco Archeologico di Pompei via AP
Roma -

Arkeolog menemukan peninggalan Pompeii berupa kereta upacara kuno. Ini merupakan kereta upacara pertama yang pernah ditemukan.

Kereta Romawi kuno ini ditemukan di dekat istal atau vila kuno di Civita Giulina, sekitar 700 meter di utara tembok Pompeii kuno. Pompeii sendiri merupakan kota yang terkubur dalam letusan gunung berapi pada 79 Masehi. Namun kereta yang ditemukan ini masih dalam kondisi hampir utuh.

Kereta kuno itu terbuat dari besi, perunggu dan timah. Menurut Direktur Situs Arkeologi Pompeii Massimo Osanna, kereta yang ditemukan ini berbeda dengan kereta Pompeii pada umumnya.

Kereta di sana biasanya digunakan sebagai alat transportasi dan pekerjaan. Namun kereta yang satu ini digunakan untuk upacara.

"Ini adalah penemuan luar biasa yang memajukan pemahaman kita tentang dunia kuno," kata Osanna dikutip dari Reuters.

"Kereta ini digunakan pada momen-momen perayaan bagi komunitas seperti parade dan prosesi," ia menjelaskan.

Pompeii yang terletak 23 kilometer tenggara Napoli adalah rumah bagi sekitar 13 ribu orang. Saat Gunung Vesuvius meletus, orang-orang itu terkubur bersama abu, kerikil, dan debu.

Reruntuhan Pompeii baru ditemukan pada abad ke-16 dan penggaliannya dimulai pada 1750. Hingga saat ini, sekitar dua pertiga dari kota kuno seluas 66 hektar ini telah ditemukan.

"Pompeii terus membuat kami takjub dengan penemuannya dan itu akan terus terjadi selama bertahun-tahun, dengan wilayah seluas 20 hektar yang masih harus digali," kata Menteri Kebudayaan Italia Dario Franceschini.

Pompeii sendiri merupakan salah satu atraksi terpopuler di Italia. Pompeii dinobatkan pula sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.



Simak Video "Kedai Makanan Berumur 2.000 Tahun Ditemukan di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA