Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 19:12 WIB

TRAVEL NEWS

Kominfo Genjot Digitalisasi UMKM dan Pariwisata di NTB

Pameran produk lokal Lombok digelar dalam rangka mendukung pariwisata dan UMKM. Lombok memang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan.
Foto: (KKI)
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) optimistis Indonesia mampu memanfaatkan teknologi digital di sektor pariwisata di NTB. Dibangun tiga BTS lagi.

Dengan tambahan tiga Base Transceiver Station (BTS) itu, kini Nusa Tenggara Barat (NTB) dilayani semua operator seluler yang ada di Indonesia.

"Khusus untuk Mandalika dan sekitarnya, NTB, Kominfo sendiri melalui kantornya Kominfo itu bangun 3 BTS tambahan di sana. Sudah menyiapkan 78 titik-titik akses internet gratis yang langsung ke satelit," kata Menkominfo, Johnny G. Plate, Rabu (3/3/2021) dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia.

Di samping itu, Menkominfo mendukung langkah Bank Indonesia dalam peluncuran QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang dapat memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi melalui teknologi digital. Sehingga hal ini juga bisa dimanfaatkan oleh UMKM di Indonesia.

"Saya patut garis bawahi dan mendukung penuh ini Pak Gubernur BI melalui Qrisnya. Ini Qris luar biasa QR Code Indonesian standar," kata Johnny.

"Ini satu aplikasi terpusat untuk sistem pembayaran, sangat membantu penjual pembeli produsen merchant-merchant, termasuk untuk NTB manfaatkan ruang digital ini dengan baik," tambahnya.

Qris bisa diakses dalam pameran virtual produk lokal Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia. Event yang bernama Karya Kreatif Indonesia (KKI) bertujuan untuk membangkitkan UMKM. Kali ini event offlinenya sedang diselenggarakan di NTB.

"Kami juga mendukung peningkatan sumber daya manusia di sana di NTB melalui pendidikan pendidikan vokasi, pendidikan-pendidikan, training-training yang terkait ya untuk pembangunan pariwisata dari sisi kominfonya khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang digital dalam rangka on boardingnya UMKM di sana," kata Jhonny.



Simak Video "Jokowi: Pelatihan Teknologi Digital Untuk UMKM Harus Diperbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA