Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Mar 2021 19:45 WIB

TRAVEL NEWS

Gubernur NTB Ungkap Angin Segar Bagi Pelaku UMKM di Tengah Pandemi

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Produk-produk yang dihasilkan oleh IKM-UMKM NTB.
Foto: (dok. Diskomimfotik NTB)
Mataram -

Masa pandemi COVID-19 tidak melumpuhkan semua sektor yang ada, justru menjadi angin segar bagi sebagian sektor. Salah satunya bagi pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah dalam acara pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara virtual di kawasan Mandalika, Rabu (3/2/2021).

Selama pademi, sektor pemulihan ekonomi yang dibangun oleh SDM IKM hingga UMKM di NTB telah mampu menghasilkan berbagai macam souvernir-souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke NTB.

Tak hanya itu, masyarakat NTB juga mampu menciptakan mesin-mesin canggih yang tidak kalah saing dengan mesin-mesin buatan pabrik ternama.

"Potensi SDM dan IKM, UMKM NTB bukan hanya mampu menghasilkan pakaian adat, makanan ringan, masker, kain tenun dan sebagainya. Tetapi mereka mampu menciptakan mesin-mesin canggih. Mesin-mesin itu telah mampu meningkatkan hasil produktifitas ekonomi kita yang diproduksi di NTB," tutur doktor Zul dalam keterangannya.

Produk-produk yang dihasilkan oleh IKM-UMKM NTB.Produk-produk yang dihasilkan oleh IKM-UMKM NTB (dok. Diskomimfotik NTB)

Dia mengatakan, peningkatan produksi melalui mesin-mesin yang tumbuh dari tangan-tangan hebat anak NTB ini merupakan program industrialisasi yang terus dikembangkan oleh pemerintah Provinsi NTB hingga saat ini.

Sehingga diharapkan dengan hadirnya IKM-IKM yang berbasis teknologi ini mampu meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Motor listrik, sepeda listrik, mesin pencacah dan teknologi lainnya berhasil kami buat. Apakah kemudian NTB akan membangun pabrik motor listrik? Saya kira tidak. Tapi kami hanya ini katakan, kalau motor listrik yang canggih ini mampu diproduksi di NTB mestinya IKM/UMKM kita mampu menghasilkan mesin pertanian, peternakan dan lain sebagainya," jelasnya.

Doktor Zul sangat mengapresiasi terobosan Bank Indonesia sebagai platform untuk mendorong, mengangkat dan membesarkan UMKM Indonesia, baik ditingkat nasional hingga internasional.

Terutama manfaat yang dirasakan oleh para pelaku UMKM/IKM di NTB untuk terus mengembangkan dan meningkatkan berbagai hasil produk-produk yang berkualitas dan membanggakan.

"Eksotisme Lombok yang kami tawarkan bukan hanya potensi alam dan produk-produk souvenir yang bisa dibawa pulang. Akan tetapi potensi dan kapasitas SDM begitu luar biasa," ungkapnya.



Simak Video "Risma Debat Sengit Lawan Mahasiswa soal Bansos di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA