Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Mar 2021 12:04 WIB

TRAVEL NEWS

Seputar Makam Mustafa Kemal Ataturk Pendiri Republik Turki

Puti Yasmin
detikTravel
Perayaan 19 Mei 2019 Memoriam of Mustafa Kemal Ataturk, Youth and Sports Festival Izmir Konak Turkey. Republic Square.
Foto: Getty Images/CasPhotography/Ilustrasi Seputar Makam Mustafa Kemal Ataturk Pendiri Republik Turki
Ankara -

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Turki adalah Makam Mustafa Kemal Ataturk. Lokasi ini memiliki banyak nilai sejarah karena dibangun untuk menghormati pendiri Republik Turki ini.

Mustafa Kemal Ataturk yang juga dijuluki sebagai 'Bapak Orang Turki' memegang jabatan presiden pertama Turki sejak berdirinya negara tersebut pada 1923 hingga kematiannya pada 1938.

Makam Mustafa Kemal Ataturk dikutip dari CNN Indonesia:

  • 1. Kisah Ataturk

Mustafa Kemal Ataturk semasa hidupnya menjabat sebagai Komandan Gerakan Nasional Turki saat perang dunia I. Saat itu pula ia berhasil mendapatkan kemerdekaan Turki dan menjatuhkan pemerintahan Ottoman.

Usai mendapatkan kemerdekaan tersebut, ia memimpin pemerintahan Turki. Kebijakan dari Kekaisaran Islam Ottoman diubah menjadi lebih moderat, misalnya mengizinkan wanita masuk dalam parlemen hingga membuka sekolah campur pria dan wanita.

Ataturk menghembuskan napas terakhirnya pada usia 57 tahun karena penyakit ginjal. Nama 'Ataturk' sendiri merupakan gelar yang diberikan pada tahun 1934 dengan arti 'Bapak Orang Turki'. Melalui Undang-undang, pemerintah melarang penggunaan nama 'Ataturk'.

  • 2. Lokasi Makam Mustafa Kemal Ataturk

Makam Mustafa Kemal Ataturk berdiri megah di sebuah bukit, tepatnya di Jalan Tandogan, kota Ankara. Saking luasnya, terdapat taman, hingga lapangan upacara di sekitar area pemakaman.

Lapangan upacara tersebut diketahui bisa menampung hingga 15 ribu orang. Namun, pada 10 November 2013 sebanyak 1 juta orang berkumpul dan memperingati hari kematian Ataturk.

Namun, pengunjung tak dapat langsung melihat lokasi di mana Ataturk disemayamkan dan hanya dapat menonton video bentuk persemayamannya. Namun, ada simbol dari makam Ataturk berbentuk peti mati dari marmer merah yang langka.

Kuburan Ataturk dibuat dalam bentuk oktagon dan gaya arsitektur Ottoman. Ada juga bentuk piramida di atas kuburan tersebut. Di sekeliling kuburan terdapat vas-vas berisi tanah dari setiap provinsi di Turki.

Untuk berkunjung ke Makam Mustafa Kemal Ataturk, detikers tidak perlu mengeluarkan uang seperser pun. Sebab, lokasi ini gratis untuk dikunjungi!



Simak Video "Cekcok Menlu Turki-Yunani di Konferensi Pers"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
eLife
×
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19
Kiat Proteksi Buah Hati dari COVID-19 Selengkapnya