Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Feb 2021 09:04 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

13 Fakta Makam Ataturk, Bapak Orang Turki

Femi Diah
detikTravel
Mosoleum Ataturk
Anıtkabir atau makam Mustafa Kemal Ataturk (Foto: Getty Images/AegeanBlue)
Ankara -

Mustafa Kemal Ataturk dianggap sebagai tokoh besar yang telah membebaskan warga dari penjajahan. Makamnya megah dan menjadi tempat ziarah turis lokal dan asing.

Ataturk lahir dan diberi nama Ali Rıza Oglu Mustafa atau Mustafa anak Ali Riza. Kemudian dia dikenal dengan nama Mustafa Kemal Pasha.

Nah, nama Ataturk berarti bapak orang-orang Turki. Nama itu diberikan oleh parlemen pada 1934 atas jasanya membangun Turki menjadi negara sekuler yang modern.

Ataturk menjadi Presiden Turki selama 15 tahun. Dia menjalankan reformasi budaya, politik, dan ekonomi.

Perayaan 19 Mei 2019 Memoriam of Mustafa Kemal Ataturk, Youth and Sports Festival Izmir Konak Turkey. Republic Square.Perayaan 19 Mei 2019 Memoriam of Mustafa Kemal Ataturk, Youth and Sports Festival Izmir Konak Turkey. Republic Square. (Getty Images/CasPhotography)

Ataturk meninggal pada usia 57 tahun pada 10 November 1938 karena sakit ginjal. Dia dimakamkan di atas tanah yang luas di bukit di Ibu Kota Ankara. Makamnya luar biasa megah, dengan pembangunan yang memakan waktu 9 tahun.

Selain itu, ada sejumlah fakta menarik soal makam Ataturk. Apa saja?

Berikut deretan fakta makam Ataturk dikutip detikTravel dari CNN Indonesia:

1. Makam Ataturk berada di Jalan Tandogan, Ankara. Lokasinya sangat luas dan berada di atas bukit.

2. Traveler tidak dipungut biaya retribusi untuk masuk ke kawasan makam Ataturk.

3. Makam Ataturk terdiri atas beberapa bagian dan memiliki masa perjuangan Turki di masa meraih kemerdekaan usai Perang Dunia I pada 1920-an.

4. Bagian depan kompleks makam disebut Taman Perdamaian. Taman ini memiliki tumbuhan dari 25 negara, melambangkan harmonisasi tanpa melihat latar belakang etnis dan keyakinan.

5. Jalan batu panjang yang disebut 'Jalan Singa'. Di kanan-kiri jalan sepanjang 200 meter ini terdapat patung-patung singa yang rebah.

6. Lapangan upacara berupa lapangan luas yang idealnya memuat 15 ribu orang. Lapangan itu berlantai keramik dengan 373 motif karpet era Kekaisaran Ottoman.

7. Di ujung lapangan berkibar 'Bendera Nomor Satu Turki' di tiang setinggi 33 meter. Bendera ini adalah kebanggaan masyarakat Turki dan tidak akan diturunkan kecuali pada hari kematian Ataturk. Bahkan, pada masa berkabung, bendera yang satu ini tidak pernah turun hingga setengah tiang.

Relief di Mousoleum AtaturkRelief di Mousoleum Ataturk Foto: Getty Images/cemagraphics

8. Sebelah kanan lapangan, terdapat peti mati simbolis Ismet Inonu, sahabat Ataturk yang meninggal pada 25 Desember 1973. Inonu bersama-sama Ataturk di garis depan dalam perang kemerdekaan. Kuburan Inonu terletak tepat di bawah tanah peti mati simbolis itu berada.

9. Di sebelah kiri lapangan berdiri kokoh mausoleum Ataturk. Di dalam bangunan megah lebih dari 15 meter itu terdapat simbol dari makam Ataturk, yaitu peti mati yang terbuat dari marmer merah yang langka. Ataturk dikuburkan tujuh meter di bawah peti tersebut, di dalam tanah sesuai cara Islam.

10. Pengunjung tidak bisa melihat langsung kuburan Ataturk. Traveler hanya disuguhi video bentuk persemayamannya.

11. Kuburan Ataturk berbentuk oktagon dengan gaya arsitektur Ottoman, dengan bumbungan bentuk piramida di atasnya. Kuburan ini dikelilingi oleh vas-vas yang isinya tanah dari setiap provinsi di Turki.

12. Terdapat museum di bagian kanan mausoleum. Museum ini memamerkan benda-benda peninggalan Ataturk, mulai senjata, pakaian, surat, hingga jam tangan. Juga ada patung lilin Ataturk dan anjingnya bernama Fox. Terdapat juga diorama perang kemerdekaan Turki serta penjualan suvenir.

13. Ada yang unik dari semua jam yang dipamerkan dalam museum di makam Ataturk. Semua jarumnya menunjuk angka 09.05, tepat pada jam Ataturk meninggal dunia.

Peta Makam Ataturk



Simak Video "Setu Babakan Jakarta, Pusat Kesenian dan Budaya Betawi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT