Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mar 2021 16:19 WIB

TRAVEL NEWS

Viral di TikTok Bisa Jalan Kaki ke Rusia dari Alaska, Benarkah?

Syanti Mustika
detikTravel
Penampakan Laut Bering
Laut Bering (NASA)
Jakarta -

TikTok diramaikan dengan video yang menyebutkan orang bisa jalan kaki dari Amerika Serikat ke Rusia. Kata peneliti klaim itu benar, namun dulu, bukan di masa sekarang.

Diberitakan Fox News, Rabu (10/3/2021) seorang TikToker bernama Laub Andrew menyebutkan dalam akunnya dengan judul 'pelajaran geografi'. Dalam videonya dia menunjukkan dua Kepulauan Diomede di Selat Bering.

Big Diomede adalah pulau seluas 11,2 mil persegi yang merupakan bagian dari Rusia. Dan Little Diomede adalah pulau seluas 2,8 mil persegi yang merupakan bagian dari Alaska.

"Pulau-pulau ini hanya berjarak dua setengah mil. Yang berarti di musim dingin ketika air membeku, Anda bisa berjalan kaki dari Amerika Serikat ke Rusia hanya dalam 20 menit, "jelas Andrew.

"Yang lebih gila lagi, Pulau Big Diomede 21 jam lebih cepat dari Pulau Little Diomede. Artinya, jika Anda berjalan kaki dari Amerika Serikat ke Rusia, Anda akan benar-benar berjalan keesokan harinya. Inilah mengapa mereka menyebut pulau Little Diomede 'Yesterdayland' dan Big Diomede 'Tomorrowland', " paparnya.

@laubandrew

Anyone wanna walk to Russia with me?

♬ original sound - Big Facts

Dalam dua minggu saja, video TikTok Andrew telah mengumpulkan lebih dari 1,1 juta suka, lebih dari 39.700 dibagikan, dan 7.900 komentar.

Namun kenyataannya, orang-orang yang menantikan perjalanan ke Rusia dengan berjalan kaki kemungkinan akan kecewa. Karena air di antara kedua pulau tersebut tidak membeku selama bertahun-tahun karena perubahan iklim.

Menurut wawancara yang dilakukan oleh Majalah Science, koordinator lingkungan Opik Ahkinga di Little Diomede mengatakan Laut Bering belum benar-benar membeku sejak 2012.

"Kami belum pernah melihat pembekuan yang baik sejak tahun 2012. Ketika saya mengatakan 'membekukan', maksud saya tidak ada perairan terbuka yang terlihat di sekitar kedua pulau sejauh 2 mil lebih. Sebaliknya, kami melihat wilayah perairan terbuka di sisi utara dan selatan Big Diomede," kata Ahkinga pada tahun 2019.

Demikian pula, laporan dari National Geographic menyebutkan suhu naik dalam beberapa tahun terakhir di kedua pulau itu.

Jembatan es antara dua pulau ada selama beberapa dekade musim dingin dan bahkan berabad-abad yang lalu. Catatan sejarah menunjukkan kelompok masyarakat adat menggunakan rute beku ini untuk melakukan perjalanan antara dua pulau.

Bagi wisatawan yang berniat menjelajahi Kepulauan Diomede, naik perahu pribadi adalah pilihan terbaik jika memiliki visa dan izin perjalanan yang sesuai dan benar-benar dapat menemukan seseorang yang dapat mengangkut Anda secara legal. Ada pangkalan militer di setiap pulau, yang merupakan faktor yang dapat menambah 'ribetnya' perjalanan.



Simak Video "Vladimir Putin Teken Aturan Bisa Kembali Jadi Presiden 2 Periode"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA