Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Mar 2021 21:08 WIB

TRAVEL NEWS

Adem, Menengok Tempat Peristirahatan Bung Karno di Selecta Malang

Mustiana Lestari
detikTravel
Penginapan Soekarno di Selecta
Foto: Rengga Sancaya
Batu -

Selecta di Batu sudah familiar bagi para wisatawan yang berkunjung ke Malang. Letaknya yang berada di dataran tinggi serta asri dengan beragam pepohonan dan bunga membuat siapapun betah berlama-lama, tak terkecuali Presiden pertama RI, Sukarno.

Dekat di pintu masuk, berdiri megah villa Bima Shakti yang diyakini sebagai tempat Sukarno singgah dan beristirahat jika berkunjung ke Malang. Villa yang didominasi cat putih dan hitam ini mempunyai taman di depannya, ada juga air mancur kecil yang menambah asri taman ini.

Di lantai dasar hanya ada satu garasi yang tertutup rapat dan juga lahan parkir yang mungkin cukup hanya untuk dua sampai tiga mobil. Naik ke atas terpampang kamar-kamar yang menghadap pegunungan dengan kaca-kaca besar dan berderet layaknya kamar hotel.

Penginapan Soekarno di SelectaPenginapan Soekarno di Selecta Foto: Rengga Sancaya

Di depan kamar-kamar tersebut, terdapat bangku dan kursi yang kental dengan nuansa vintage. Salah satu kamar tampak lebih menjorok ke depan daripada kamar lainnya. Saat mengintip ke dalamnya, kamar tersebut penuh dengan perabot berwarna coklat yang senada. Paling mencolok dari kamar tersebut adalah potret Bung Karno di berbagai sisi ruangan. Seolah menandai bahwa di kamar ini lah sang Proklamator pernah tinggal.

Selain kamar tidur, Foto Bung Karno juga ditempatkan di bagian depan kamar yang tampaknya menjadi ruang tengah dengan meja dan kursi yang menghadap panorama malang. Pengelola seperti merawat dengan baik villa dan mempertahankannya seotentik mungkin hingga aroma tua menguar dari perabot jadul ini tercium di mana-mana.

Penginapan Soekarno di SelectaPenginapan Soekarno di Selecta Foto: Mustiana

Naik lagi ke lantai atas, tampak serupa, namun kali ini terdapat aula dan ruang rapat. Tidak ada penghuni yang menginap di villa ini. Kendati dari berbagai sumber menyebutkan, villa ini pun disewakan untuk para pengunjung.

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Selecta, jangan lupa menengok villa ini ya. Tempat wisata legendaris Selecta tetap buka di tengah pandemi tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan. Walau demikian, pandemi tetaplah menghantam keras sektor pariwisata Malang yang dibuktikan dengan sepi pengunjung ke Selecta.

Semua pihak pun saling bahu membahu mengembalikan kejayaan pariwisata Malang, salah satunya Bank BRI. Untuk mendorong kembali sektor pariwisata, Bank BRI memberikan stimulus berupa promo menarik bagi para pengunjung Selecta Malang.

"Kami sediakani diskon dan promonya. Beli satu tiket pakai BRIZZI ataupun kartu debit dan kartu kredit gratis satu tiket masuk. Punya kartu tanda mahasiswa kita kasih diskon. Menariknya kalau datang pas hari ultahnya dengan menunjukkan KTP itu free untuk 1 org, syaratnya pas ultah masuk ke Selecta," kata Marketing KCP Batu Willy kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut Willy, ini menjadi salah satu upaya untuk mendorong penggunaan cashless di masyarakat dan tentunya sebagai penggerak sektor pariwisata di masa pandemi.

"Untuk meningkatkan biar ekonomi bergerak karena kalau wisata itu efeknya banyak sekali. Wisata dampaknya luas sekali," tuturnya.

Pariwisata di Selecta ini menjadi satu dari kumpulan kisah dalam program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia. Program Jelajah UMKM mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Ikuti terus jelajah UMKM bersama BRI hanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Bunga Krisan Sidomulyo Yang Tetap Mekar di Era Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA