Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Mar 2021 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Dinyatakan Aman, Air Terjun Cantik di Magelang Buka Lagi

Eko Susanto
detikTravel
Selain Candi Borobudur, Magelang juga punya destinasi wisata alam yang cukup mempesona yakni Air Terjun Kedung Kayang. Seperti apa potretnya?
Foto: Air Terjun Kedung Kayang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Air Terjun Kedung Kayang yang cantik di Magelang akhirnya buka lagi untuk wisatawan. Air terjun itu buka lagi setelah dinyatakan aman oleh BPPTKG.

Air Terjun Kedung Kayang berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng buka kembali untuk publik. Dibukanya kembali destinasi Air Terjun Kedung Kayang ini setelah memperoleh rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Berdasarkan surat dari BPPTKG nomor : 147/45/BGV.KG/2021 yang ditandatangani Kepala BPPTKG Hanik Humaida perihal rekomendasi teknis izin buka operasional DTW Air Terjun Kedung Kayang.

Dalam surat itu disebutkan, berdasarkan peta kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Merapi tahun 2010 lokasi DTW Air Terjun Kedung Kayang berada di luar wilayah KRB Gunung Merapi yang berjarak 7,5 km dari puncak Gunung Merapi.

Kedua, aktivitas Gunung Merapi saat ini berada pada tingkat siaga dengan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas yang mengancam sektor selatan - barat daya meliputi Sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng dan Sungai Putih sejauh maksimal 5 km.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak Gunung Merapi.

"Berdasarkan beberapa hal tersebut di atas maka lokasi DTW Air Terjun Kedung Kayang saat ini aman untuk dikunjungi," kata Hanik dalam suratnya yang dikirim kepada pengelola Air Terjun Kedung Kayang.

Sementara itu, Bagian Pemasaran Wisata Air Terjun Kedung Kayang Surono mengatakan, DTW Air Terjun Kedung Kayang mulai dibuka kembali, Rabu (10/3). Pembukaan kembali ini setelah mendapatkan rekomendasi dari BPPTKG dan izin dari Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang.

"Sebelum buka kita mengirimkan surat ke BPPTKG. Kemudian pada, Minggu (7/3), 'beliau-beliau (BPPTKG) mau ke Boyolali mampir kesini'. Mereka menyatakan wilayah aman dan mempersilakan dibuka, tapi kita tetap menunggu surat resminya. Hari Senin surat rekomendasi dikirim dari BPPTKG kepada Pak Ketua DTW Air Terjun Kedung Kayang, terus hari Selasa surat dari Dinas Pariwisata turun," kata Surono saat dihubungi detikTravel, Kamis (11/3/2021).

"Kita resmi mulai, Rabu (10/3). Tiket masuk masih sama, Rp4.000, kemudian Rp 500 asuransi, parkir mobil Rp 5.000 dan sepeda motor Rp 2.000," ujar Surono.

Surono menambahkan, saat berada di Air Terjun Kedung Kayang ini bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi, kemudian di sisi kiri Gunung Merbabu.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein mengatakan, ada tiga DTW yang sudah buka setelah mendapatkan rekomendasi dari BPPTKG yakni Ketep Pass, Objek Wisata Alam Jurang Jero dan Air Terjun Kedung Kayang.

"Yang sudah buka setelah keluar rekomendasi dari BPPTKG yaitu Ketep Pass, Jurang Jero dan Air Terjun Kedung Kayang," ujarnya.



Simak Video "Eksotisme Uai Turang, Air Terjun Mini di Majene"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA