Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Mar 2021 22:36 WIB

TRAVEL NEWS

Wisatawan yang Mau Liburan ke Pulau Tidung Wajib Rapid Test Antigen

Pulau Tidung Kecil di Kepulauan Seribu
Pulau Tidung (Randy/detikTravel)
Kepulauan Seribu -

Musim liburan, Pulau Tidung ikut menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Wisatawan yang mau berkunjung wajib rapid test antigen dulu.

Berdasarkan surat keterangan pers yang diterima detikTravel, Jumat (12/3/2021), tercatat 67 wisatawan maupun warga yang tiba di dermaga utama Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan. Mereka langsung menjalani rapid test antigen.

Lurah Pulau Tidung Hafsah mengatakan, setiap wisatawan maupun warga yang tidak mempunyai surat keterangan negatif COVID-19 wajib menjalani rapid test antigen.

"Rapid test antigen ini dilakukan tiap hari oleh petugas gabungan untuk mencegah penularan COVID-19 di Pulau Tidung," ujar Hafsah dalam keterangannya.

Dari 67 pengunjung itu, 19 orang diketahui bertolak dari Pelabuhan Marina Ancol dan 48 orang dari dermaga Kaliadem. Hafsah menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di wilayahnya.

"Hasil pemeriksaan semua pengunjung non-reaktif. Diharapkan dengan diperketatnya kedatangan pengunjung ke Pulau Tidung, dapat menekan penyebaran COVID-19," tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah oleh detikTravel, Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu Puji Astuti membenarkan kabar tersebut via pesan singkat. "Benar," ujarnya singkat.

Untuk informasi, pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar terkenal akan fasilitasnya yang sangat memadai dan juga akses yang mudah untuk dijangkau. Sedangkan Pulau Tidung Kecil tidak berpenghuni dan kebanyakan lahannya digunakan sebagai tempat konservasi bakau.

Kedua pulau ini disambungkan oleh sebuah jembatan yang disebut sebagai Jembatan Cinta. Jembatan ini merupakan landmark dari Pulau Tidung. Keindahan bawah laut Pulau Tidung juga membuat pulau ini tidak pernah sepi pengunjung.

Di kawasan wisata ini juga merupakan kawasan pengembang biakan mangrove dan ilalang, dengan pantai yang berpasir putih. Selain itu, Pulau Tidung juga menyediakan berbagai objek wisata yang bisa kamu nikmati.



Simak Video "Melepaskan Penyu Kembali Ke Habitatnya, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA