Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Mar 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Bocah Pindah dari Kota ke Pegunungan Terpencil: Hijaukan Tanah Gersang

Pegunungan Sierra Gorda, Meksiko
Pegunungan Sierra Gorda, Meksiko (Foto: CNN)
Jakarta -

Inilah kisah dari pahlawan penjaga alam liar. 'Mengidap' biofilia serius, dia meninggalkan kota yang ramai menuju pegunungan terpencil dan membuatnya hijau sejak usia sembilan tahun.

Pria itu Roberto Pedraza Ruiz. Ruiz (45 tahun) pindah dari Kota Queretaro di Meksiko tengah yang ramai ke pegunungan terpencil Sierra Gorda pada tahun 1984. Saat itu, dia berusia sembilan tahun.

Dia mengikuti ibunya, Martha 'Pati' Ruiz Corzo, yang seorang konservasionis. Pati membawa keluarganya pindah ke sana pada tahun 1984 untuk memulai sebuah kelompok konservasi nirlaba.

Kelompok itu memiliki misi menyelamatkan wilayah tersebut dari dampak aktivitas manusia. Hari ini, dia mungkin pelindung paling tepercaya.

Bukannya sedih diajak menuju tempat baru, Ruiz langsung merasa cocok tinggal di Sierra Gorda yang memiliki luas lebih dari 380.000 hektar, lebih dari dua kali luas London Raya dengan bentang alam berupa pegunungan terjal, gurun gersang, dan hutan berkabut.

Dia merasa Sierra Gorda adalah tempat yang ditakdirkan untuknya. Ruiz mengisahkan masa kecilnya amat menyenangkan. Dia biasa mengumpulkan jamur, mencari salamander dan jaguar, serta memelihara kuda dan sapi.

Setelah dewasa, Ruiz makin menikmati kehidupannya. Dia membuat lahan gersang itu menjadi hijau dan kaya satwa, mengasah kemampuan fotografer, dan menjadi konservasionis.

Orang menyebutnya sebagai biofilia. Biofilia adalah sebuah istilah yang diciptakan oleh ahli biologi Edward O. Wilson. Artinya seseorang yang mencintai kehidupan, menggambarkan kebutuhan manusia untuk terhubung dengan alam.

Pegunungan Sierra Gorda, MeksikoPegunungan Sierra Gorda, Meksiko (Foto: CNN)

DNA biofilia

Biofilia tampaknya memang ada dalam DNA Pedraza Ruiz. Ibunya, Martha 'Pati' Ruiz Corzo, merupakan konservasionis pemenang penghargaan dan dianggap sebagai sheriff lingkungan di kawasan itu.

Pada tahun 1987, Corzo ikut mendirikan organisasi akar rumput, Sierra Gorda Ecological Group, bersama suaminya. Tujuan utamanya untuk membantu melindungi hutan dari kerusakan.

Satu dekade kemudian, grup tersebut berhasil menggapai status Cagar Biosfer untuk wilayah tersebut. Ditunjuk oleh Presiden Meksiko saat itu, Ernesto Zedillo, Corzo menjabat sebagai direktur reserve selama 14 tahun.

Kelompok ini bekerja untuk melestarikan alam sekaligus meningkatkan kehidupan masyarakat lokal yang kurang mampu secara ekonomi.

"97 persen dari tanah di sini adalah tanah pribadi dari 637 komunitas. Anda harus memberi mereka kesempatan karena hanya itu yang mereka miliki," dia menjelaskan.

Corzo percaya bahwa kuncinya adalah memberdayakan masyarakat lokal untuk menjaga sumber daya alam dan lahan di Sierra Gorda.

Mereka juga harus menjauhkan industri yang tidak berkelanjutan, seperti penebangan. Kelompok ini mengembangkan peluang ekonomi termasuk reboisasi, pendidikan, ekowisata, kompensasi jejak karbon dan pengelolaan limbah.

Pegunungan Sierra Gorda, MeksikoPegunungan Sierra Gorda, Meksiko (Foto: CNN)

Usaha sukses luar biasa

Sekarang, Sierra Gorda bukan lagi tanah gersang. Menurut Pedraza Ruiz, kawasan itu menjadi rumah bagi 345 spesies burung, 111 mamalia berbeda, 134 reptil dan amfibi, dan sekitar 2.400 spesies tumbuhan.

Pegunungan Sierra Gorda, MeksikoPegunungan Sierra Gorda, Meksiko (Foto: CNN)

Dengan bentang alam mulai dari gurun hingga hutan tropis, Sierra Gorda adalah salah satu hotspot keanekaragaman hayati paling atas di Meksiko.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kebakaran Hutan Melanda Taman Nasional di Meksiko"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA