Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 15 Mar 2021 15:47 WIB

TRAVEL NEWS

Kunjungan Wisatawan DIY Pecah Rekor di Tahun Ini, Sentuh Angka 31 Ribu

Kepala Dispar DIY Singgih Rahardjo
Foto: (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Jakarta -

Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut kunjungan wisata saat libur panjang menyentuh angka 31 ribu orang. Jumlah itu adalah yang paling banyak selama tahun 2021.

"Yang saya pantau dari visiting Yogya ada kenaikan, tanggal 11 (Maret) itu 27 ribu kunjungan wisata dan hari Minggu (14/3/2021) kemarin 31 ribu lebih sedikit," kata Kepala Dispar DIY, Singgih Rahardjo saat dihubungi wartawan, Senin (15/3/2021).

Menurutnya, jumlah kunjungan hari Minggu memecahkan rekor kunjungan wisata paling banyak dalam sehari di DIY. Terlebih selama tahun ini baru kali ini menembus 31 ribu kunjungan wisata.

"Paling tinggi selama 2021 yang 31 ribu itu," ujarnya.

Tahun 2021 ini, Dispar DIY menyiapkan 71 event selama tahun 2021. Pelaksanaanya akan menyesuaikan perkembangan pandemi COVID-19.

"Jadi yang kita luncurkan kalender event dan itu event yang sudah terkonfirmasi dari sisi penjadwalan dan pelaksanaannya. Untuk jumlahnya ada 71 event," katanya saat dihubungi wartawan, Selasa (9/3/2021).

Pasalnya untuk setiap hari jumlah kunjungan wisata hanya 3-5 ribu saja saat hari biasa dan saat weekend mencapai belasan ribu atau 20 ribuan. Dia menyebut ada beberapa faktor meningkatnya jumlah kunjungan wisata pekan lalu.

"Artinya kepercayaan diri dari masyarakat dan pengelola sudah bagus ya, juga karena dampak vaksinasi (COVID-19) yang sudah berlangsung," katanya.

"Kemudian dari sisi lain, mereka sudah terlalu lama di rumah dan perlu rekreasi," lanjut Singgih.

Terkait tempat wisata yang paling banyak dikunjungi, Singgih menyebut masih didominasi wisata pantai. Sedangkan wisatawan paling banyak masih didominasi dari luar DIY.

"Paling banyak Pantai, seperti Parangtritis dan pantai-pantai di Gunungkidul. Kalau wisatawan dari mana itu paling tinggi dari Jawa Timur dan Jawa Tengah," ucapnya.



Simak Video "Berwisata di Pinus Sari Pakai PeduliLindungi, Sinyal Jadi Kendala"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA