Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mar 2021 14:35 WIB

TRAVEL NEWS

Melancong Adalah Cara Menyenangkan untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Libur Pilkada 2020 dimanfaatkan sejumlah warga untuk berlibur. Salah satu destinasi favorit yakni Pantai Ancol.
Ilustrasi wisatawan berlibur (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Setiap manusia pada hakikatnya menginginkan kehidupan yang baik, ataupun layak baik untuk diri sendiri maupun untuk orang sekitarnya. Sayangnya, kehidupan yang baik tidak dapat diperoleh secara instan dan berlibur jadi salah satu syaratnya.

Salah satu cara untuk meraih kehidupan tersebut adalah meningkatkan kualitas diri. Sebab hidup yang berkualitas, bergantung pada sosok yang menjalaninya.

Meningkatkan kualitas diri pun tidaklah mudah, namun dapat dilalui dengan berbagai cara seperti membaca buku, mengikuti seminar atau workshop keterampilan, dan lain-lain.

Menjadi pelancong dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas diri. Tidak hanya menyenangkan, dalam catatan dan dihimpun redaksi, melancong memberikan manfaat yang baik seperti berikut:

1. Mengasah manajemen waktu

Di saat melancong, tentu para traveler ingin mengunjungi banyak tempat dalam waktu sehari. Terlebih lagi jika tidak memiliki waktu banyak, maka dari itu pengaturan waktu atau time management menjadi hal yang harus dipertimbangkan.

Seperti berapa waktu untuk sampai dengan kendaraan tertentu, berapa waktu yang harus dihabiskan untuk bermain di satu tempat, dan lain-lain.

2. Terbuka dengan sudut pandang baru

Pergi melancong mau tidak mau harus siap dengan keadaan tempat yang akan dikunjungi. Adanya perbedaan budaya yang harus diikuti menjadikan para traveler terbuka dengan sudut pandang baru seperti kebudayaan, cara bicara, bahasa, adat istiadat, dan lainnya.

Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini.Wot Batu merupakan sebuah tempat wisata seni dan budaya di Bandung, Jawa Barat. Warga banyak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur di sini (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)

3. Menetapkan tujuan

Menetapkan tujuan berlibur adalah hal yang umum dilakukan oleh para pelancong. Contohnya seperti menetapkan tempat mana yang akan dituju, dan untuk apa pergi ke sana.

Nyatanya hal tersebut penting untuk mengembangkan diri, sebab tujuan yang jelas akan menghasilkan strategi-strategi yang harus dikembangkan. Sehingga sifat labil dan tak tahu arah perlahan akan menghilang bila tujuan telah ditetapkan.

4. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah

Walaupun strategi telah digunakan, namun masalah bisa saja ditemukan pada saat melancong. Contoh kecilnya seperti harga makanan yang bisa saja melenceng dari budget, atau insiden tidak terduga membuat perjalanan tidak sesuai dengan rencana.

Hal tersebut dibutuhkan jalan keluar atau problem solving yang tepat. Tidak hanya berlaku untuk perjalanan, problem solving dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari kelak. Para traveler dapat belajar dari perjalanan ini.

5. Menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik juga mental

Tujuan untuk melancong tentu salah satunya untuk bersenang-senang, sehingga rasa penat setelah menekuni aktivitas yang berat dapat hilang. Namun hal tersebut merupakan aspek penting, karena kesehatan merupakan salah satu bentuk peningkatan kualitas diri.

Tubuh dan mental yang sehat, menjadikan traveler siap untuk menerjang apapun yang menimpa.

Bila ingin melakukan perjalanan (melancong) belum tahu ingin pergi kemana, detikTravel dapat menjadi kanal informasi dan rekomendasi yang cocok untuk para traveler.

Jangan lupa untuk terus mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat berlibur ya!



Simak Video "Hotel Mewah Saat Berlibur di Lombok"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA