Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Mar 2021 12:01 WIB

TRAVEL NEWS

Bangkai Kapal dari Tahun 1880-an Tiba-Tiba Muncul di Tepi Danau

Sebuah kapal karam asal tahun 1880 muncul kembali. Hal ini akibat pasang surut air di Danau Michigan, Amerika Serikat.
Foto: Bangkai kapal muncul beberapa kali di tepi danau (AP)
Michigan -

Sebuah kapal karam asal tahun 1880 muncul kembali. Hal ini akibat pasang surut air di Danau Michigan, Amerika Serikat.

Dikutip dari Daily Mail oleh detik Travel, Rabu (24/3/2021), perubahan permukaan air di Danau Michigan seakan membuka jendela ke masa lalu, mengungkap bangkai kapal dari tahun 1880-an. Bukan pertama kalinya, kapal yang lapuk tersebut sudah muncul beberapa kali.

Sebelumnya, kapal tersebut pernah muncul tiga kali di tahun 1947, 1974, 2018 dan terakhir di 2021. Para ahli memperkirakan dahulu kapal itu yang mengirimkan makanan saat sebuah kontes diselenggarakan.

"Danau adalah organisme yang hidup dan pada dasarnya berubah setiap hari," kata Direktur Asosiasi Riset Kapal Karam Michigan (MSRA).

"Jarang bisa melihatnya sekilas. Ini perjalanan kecil yang menyenangkan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi daerah itu," tambahnya.

Bangkai kapal berada di mulut kota pelabuhan populer yang terkenal di kalangan wisatawan, White Lake Channel di Muskegon. Beberapa aktivitas yang biasa dilakukan di danau yaitu memancing, berperahu dan berlayar di atas kapal pesiar.

Sebuah kapal karam asal tahun 1880 muncul kembali. Hal ini akibat pasang surut air di Danau Michigan, Amerika Serikat.Sebuah kapal karam asal tahun 1880 muncul kembali. Hal ini akibat pasang surut air di Danau Michigan, Amerika Serikat. Foto: (AP)

Catatan menunjukkan, potongan-potongan lapuk kapal pertama kali muncul pada tahun 1947, kemudian pada 1974 ditemukan oleh seorang kurator di Asosiasi Kapal Karam Michigan (MSA), Pete Caesar.

Saat melihat bangkai kapal, Caesar mencari arsip foto-foto kapal dan menyimpulkan bahwa itu merupakan LC Woodruff sepanjang 170 kaki yang tenggelam di danau pada tahun 1878.

Menghilang kembali, kemudian bangkai kapal muncul lagi pada tahun 2018. Para ahli baru menyimpulkan bahwa bangkai kapal adalah bagian dari kontes masa lalu yang telah lama hilang.

Pada tahun 1855, kapal mengalami tabrakan di Danau Huron. Lalu pada April 1868 terjadi kebocoran dan kehilangan kargo dan bulan September 1868 kapal tenggelam dan naik akhirnya menyebabkan kerugian hingga USD 11.000.

"Dari dokumen resmi, kami mengetahui bahwa sekunar dua tiang sepanjang 12 kaki (tersebut) dibangun di Bufallo, New York pada tahun 1855 untuk Hart Newman & Co," kata pihak MSA.

"(Kapal) itu berlayar di Danau Erie, Huron dan Michigan. Dalam catatan beroperasi dalam perdagangan biji-bijian," tambahnya.



Simak Video "Kapal Berisi Ratusan Peti Kemas Karam di Perairan Batam-Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA