Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Mar 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeri! Mau Mendarat, Moncong Pesawat Hampir Disambar Petir

Syanti Mustika
detikTravel
Ilustrasi pesawat
Ilustrasi pesawat (iStock)
Jakarta -

Nasib baik masih berpihak pada penumpang pesawat ini. Saat ingin mendarat petir menyambar, untung tidak kena pesawat.

Diberitakan DailyMail, Jumat (26/3/2021), pesawat Boeing 737 MAX terbang di ketinggian sekitar 30.000 kaki dan akan mendarat di Bandara Internasional Tocumen di Panama City. Tapi saat akan mendarat, petir menyambar tepat di depan moncong pesawat.

Rekaman dramatis ini diambil dari dalam kokpit. Petir yang kuat, terlihat dari cahaya putih yang begitu terang, membuat pilot terkejut dan menyilaukan mata. Peristiwa itu terjadi pada 15 Maret 2021, saat pesawat penumpang sedang terbang menuju Panama City.

Memang, saat itu sedang badai di Panama City. Ketika sedang terbang di dalam gelap, pilot dikejutkan dengan petir besar yang menyambar hanya beberapa meter di luar jendela mereka.

Walau sedang dalam keadaan sulit dan serba mengejutkan itu, untunglah pilot masih tenang dan berhasil membawa selama 140 penumpang di dalam pesawat. Keadaan mereka aman, tidak ada penumpang ataupun awak yang terluka hingga pesawat mendarat.

Dikabarkan, tidak ada kerusakan pada badan pesawat Boeing 737 MAX. Salah satu penumpang yang juga merekam dan tidak ingin disebutkan nama menyebutkan jika fenomena petir dengan pesawat memang sering terjadi.

Kendati terdengar cukup mengerikan, pesawat tersambar petir disebut sebagai hal yang lumrah. Sambaran petir jarang menimbulkan ancaman bagi keamanan operasional pesawat.

Pesawat terbang komersil sudah dilengkapi dengan proteksi sambaran petir untuk menahan sambaran petir. Andai sebuah pesawat tersambar petir saat berada di udara, biasanya mengenai ujung yang tajam seperti antena, sayap, hidung atau ekor, listrik kemudian mengalir melalui kabel dan keluar dari pesawat.

Sambaran petir dapat terjadi selama badai besar meskipun kecil kemungkinannya menyebabkan kecelakaan. Pesawat dilapisi dengan 'lapisan pelindung' untuk menghindari kerusakan dari kemungkinan sambaran cahaya atau dampak serupa.

Semua pesawat komersial akan melalui serangkaian pengujian ketat untuk memastikan pesawat telah memenuhi standar keselamatan. Termasuk, potensi petir menyambar pesawat.



Simak Video "Penampakan Masjid di Jagakarsa Usai Disambar Petir"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA