Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Mar 2021 21:35 WIB

TRAVEL NEWS

Gunung Kidul Rindu Turis

Antara
detikTravel
Objek wisata Gunungkidul.
Foto: Objek wisata Gunungkidul (Kristina/detikcom)
Gunungkidul -

Wisata Gunungkidul tengah memasuki masa pemulihan kendati pandemi virus Corona belum benar-benar usai. Pengelola objek wisata sudah gatal menyambut wisatawan.

Apalagi, warga Gunungkidul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai divaksin Covid-19.

"Selesainya vaksinasi beberapa program yang akan terus di akselerasi dan di dorong adalah pariwisata, dengan mewujudkan program besar pariwisata internasional. Sejalan dengan program peningkatan investasi dan penguatan ekonomi kerakyatan dari beberapa aspek," kata Bupati Gunungkidul, Sunaryatna, yang dikutip dari Antara, Senin (29/3/2021).

Sunaryatna juga mengatakan bahwa pandemi berdampak pada penurunan drastis dalam pendapatan asli daerah (PAD). Sebelum pandemi, nilainya sebesar Rp 25 miliar di tahun 2019 dan turun menjadi Rp 13 miliar di 2020.

Gunungkidul memang memiliki beragam objek wisata. Di antaranya, Gunung Ireng Patuk, Gua Jomblang, Gunung Api Purba Nglanggeran, serta Pantai Baron dan Pantai Timang. Kawasan itu kini sepi.

"Kami berharap pada masa recovery, pemasukan dari sektor pariwisata untuk PAD ditargetkan sebesar Rp18 miliar dengan kunjungan 2 juta orang pada 2021 ini dapat teralisasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanto, berharap strategi pemkab berjalan dengan baik, utamanya kasus COVID-19 berkurang dan menjadi zero.

"Apa yang sudah menjadi kebiasaan baru tetap bisa di jalankan sehingga terwujud pariwisata sehat, ke depan ketika berwisata di Gunung Kidul ada nuansa sehat, aman dan bisa menikmati keindahan alam sehingga secara bertahap dapat mengembalikan kunjungan wisatawan seperti semula," kata Asti.

Hingga kini, Indonesia memiliki 1,5 juta kasus virus Corona dengan 1,33 orang sembuh dan 40.449. Rata-rata penambahan kasus dalam 7 hari sebanyak 5.129.

Mengutip CNN Indonesia, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki 32.811 kasus dengan 26.865 orang sembuh dan 794 kematian. Gunungkidul mencatat 57 kematian dan 1.068 kesembuhan.



Simak Video "Celebrity on Vacation: Jajal Wahana Flying Fox di Air Terjun Sri Gethuk"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA