Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 31 Mar 2021 12:31 WIB

TRAVEL NEWS

5 Ragam Budaya Senjata Terkuat Pariwisata Indonesia

Anisa Fitri
detikTravel
Kampung Adat Gurusina
Kampung Adat Gurusina di Flores (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Keberagaman budaya menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan domestik juga mancanegara. Selain disebut sebagai Zamrud Khatulistiwa, Indonesia juga dijuluki sebagai negara seribu pulau.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (31/3/2021), Indonesia memiliki 13.667 pulau dengan berbagai suku. Budaya akan berbeda di satu pulau dan yang lain.

Dengan banyaknya suku dan budaya yang ada, hingga saat ini, masyarakat Indonesia masih bisa hidup rukun sama lain. Sama seperti simbolnya Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Di mana artinya, masyarakat Indonesia dapat bersatu dan berdampingan dengan perbedaan yang ada. Sebagai warga negara Indonesia yang baik, patut untuk mengetahui dan mempelajari apa saja keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia.

Selain untuk menambah wawasan, mengetahui keragaman budaya dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air. Keragaman budaya Indonesia apa saja yang perlu diketahui?

Berikut adalah daftar keberagaman budaya yang ada di Indonesia:

1. Upacara adat

Upacara adat merupakan salah satu keragaman budaya yang harus diketahui. Sebab, setiap suku memiliki upacara adat yang berbeda dan biasa digunakan untuk acara-acara tertentu, dan tentu saja upacara adat memiliki ciri khas dari setiap wilayahnya.

Contoh upacara adat yang ada di Indonesia adalah kasada yang dimiliki oleh Suku Tengger di Jawa Timur, ngaben di Bali, mekikuwa di Sulawesi Utara, dan lain-lain.

2. Rumah adat

Berbicara soal keragaman budaya, tentu tidak akan terlepas dengan keragaman rumah adat yang dimiliki oleh berbagai provinsi di Indonesia. Hingga saat ini, rumah adat masih berfungsi sebagai tempat tinggal, dan ada yang digunakan sebagai tempat diselenggarakannya upacara adat.

Contoh rumah adat yang ada di Indonesia adalah rumah gadang dari Sumatera Barat, joglo dari Jawa Tengah, sasadu dari Maluku Utara, dan lain-lain.

3. Alat musik daerah

Musik merupakan salah satu alat atau media untuk mengekspresikan diri yang tidak lekang oleh waktu. Namun, musik juga tidak dapat tercipta tanpa adanya alat-alat penunjang.

Tidak kalah dengan alat musik zaman sekarang, alat musik daerah tradisional pun sama indahnya dan memiliki nada khasnya sendiri. Contoh alat musik daerah yang ada di Indonesia adalah tehyan dari DKI Jakarta, angklung dari Jawa Barat, bonang dari Jawa Timur, dan lain-lain.

4. Tarian daerah

Musik digunakan untuk mengiringi berbagai aktivitas, salah satunya adalah untuk mengiringi tarian daerah. Tarian daerah di Indonesia pun tidak kalah uniknya di setiap daerah, dan tarian daerah biasanya dipertunjukkan pada acara-acara tertentu seperti pentas daerah, upacara daerah, dan lainnya.

Contoh tarian daerah yang ada di Indonesia adalah saman dari Aceh, tari piring dari Minangkabau, tari srimpi dari Yogyakarta, dan lain-lain.

5. Makanan daerah

Dan yang terakhir adalah makanan daerah yang akan selalu diburu oleh para traveler. Rasanya tidak lengkap bila berkunjung ke sebuah daerah tanpa mencicipi makanan khas di daerah tersebut.

Contoh makanan daerah yang ada di Indonesia adalah rendang dari Sumatera Barat, pempek dari Sumatera Selatan, soto banjar dari Kalimantan Selatan, dan lain-lain.

Keberagaman budaya Indonesia menjadikan negara tercinta ini lebih beragam. Setiap perbedaan membawa sudut pandang yang saling menyambung, berkumpul menjadi satu.

Sebagai warga negara Indonesia, diharapkan untuk selalu mengetahui, mempelajari, dan juga melestarikan apa saja keberagaman budaya Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. Agar kebudayaan selalu bertahan, dan warga Indonesia bisa dengan bangga memperlihatkan betapa hebatnya keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?



Simak Video "Warisan Adat Kuta Ciamis yang Pantang Bangun Rumah Permanen"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA