Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Apr 2021 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Sisa Cerita Kandasnya Kapal Kargo di Terusan Suez: Kutukan Firaun dan Sex Toys

Femi Diah
detikTravel
Insiden kapal kontainer raksasa yang terjebak di jalur perairan strategis Terusan Suez diperkirakan akan berlangsung selama berminggu-minggu ke depan.
Kapal kargo raksasa Ever Given kandas dna bikin Terusan Suez macet. (AP Photo)
Jakarta -

Terjepitnya kapal kargo kontainer raksasa MV Ever Given di Terusan Suez, Mesir menyisakan sejumlah cerita. Ada yang mengaitkannya dengan kutukan Firaun, juga toko sex toys yang dibuat pusing tujuh keliling.

Kapal itu kandas di tengah Terusan Suez yang merupakan penghubung Laut merah dan Laut Tengah pada Kamis (25/3/2021). Kapal tersebut berbelok ke samping sehingga menyebabkan jalan terblokir.

Upaya untuk menggeser kapal kargo kontainer raksasa di terusan yang menjadi penghubung Eropa dan Asia tersebut mulai membuahkan hasil. Kapal itu bisa digeser dan Terusan Suez kembali dibuka pada 31 Maret.

In this photo released by Suez Canal Authority, the Ever Given, a Panama-flagged cargo ship is accompanied by Suez Canal tugboats as it moves in the Suez Canal, Egypt, Monday, March 29, 2021. Salvage teams on Monday set free a colossal container ship that has halted global trade through the Suez Canal, bringing an end to a crisis that for nearly a week had clogged one of the world's most vital maritime arteries. (Suez Canal Authority via AP)Kapal kargo raksasa Ever Given sudah bebas. (Suez Canal Authority via AP) Foto: Suez Canal Authority via AP

Dikutip dari Metro.co.uk, terjepitnya kapal Ever Given itu berimbas terhadap arus barang dari Asia ke Eropa dan sebaliknya. Sebab, sebanyak 230 kapal lain tidak bisa lewat.

Termasuk, kapal yang mengangkut 20 kontainer milik perusahaan Belanda EDC Retail. Di dalam kontainer itu berisi bermacam-macam mainan seks, ada dildo, vibrator, dan masturbator.

Perusahaan Belanda EDC Retail menghitung akan kehilangan jutaan dolar. Sebab, kontainer tersebut sejatinya menjadi awal suplai sex toys setelah toko tutup selama lockdown.

Kutukan Firaun

Selain itu, ada rumor yang mengaitkan kandasnya kapal Ever Given di Terusan Suez dengan kutukan Firaun. Dikutip dari Daily Mail, rumor itu muncul dengan mengaitkan tanggal kandasnya kapal Ever Given dan pemindahan 22 mumi dari museum Mesir.

Mesir akan memindahkan mumi-mumi itu dari Egyptian Museum di Tahrir Square ke National Museum of Egyptian Civilization di Fustat pada 3 April. Termasuk, mumi King Ramses II dan Queen Ahmose Nefertari.

Setelah rencana pemindahan mumi itu diumumkan, terjadilah kecelakaan beruntun, termasuk kandasnya kapal kontainer raksasa Ever Given. Sebelumnya, terjadi kecelakaan kereta api di Sohag dan runtuhnya bangunan di berbagai wilayah Mesir, kemudian bangunan 10 lantai kolaps di jembatan Suez.

Banyak yang percaya kutukan Firaun yang berbunyi 'Kematian akan datang dengan cepat bagi mereka yang mengganggu ketenangan raja."

Pakar arkeologi mengatakan tidak ada satupun mumi kuno itu yang rusak dalam ekskavasi. Rentetan peristiwa tragis itu adalah kebetulan semata.

"Tidak ada hal-hal seperti itu, kutukan Firaun," kata pakar Mesir, Zahi Hawass.

Terusan Suez Diperkirakan Terblokir Berminggu-minggu, Perdagangan Global Rugi BesarSalah satu upaya memindahkan kapal kargo Ever Given (DW (News)

Dia bilang arkeolog yang meninggal saat ekskavasi disebabkan oleh penyakit dari kuman yang berasal dari area penggalian.

Bisa jadi faktor lainnya adalah peti mati yang memang bisa membocorkan amonia yang menyakitkan mata dan hidung, juga mengakibatkan pneumonia bahkan kematian. Kotoran kelelawar juga bisa menyebabkan sakit pernapasan.



Simak Video "Dalam 3 Hari, Ditargetkan Tak Ada Lagi Kemacetan di Terusan Suez"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA