Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 01 Apr 2021 10:49 WIB

TRAVEL NEWS

Bertahan dari Pandemi, BMPD Jabar Dorong Saung Angklung Udjo Tampil Virtual

Siti Fatimah
detikTravel
Saung Angklung Udjo di Bandung.
Saung Angklung Udjo beradaptasi secara virtual (Siti Fatimah/detikTravel)
Bandung -

Dampak dari Pandemi COVID-19 masih dirasakan pelaku seni budaya dan sektor pariwisata di Kota Bandung. Salah satunya dialami Saung Angklung Udjo yang kesulitan beradaptasi dengan pandemi melalui penampilan virtual.

Kesulitan tersebut tidak hanya dari sisi peralatan saja namun konten edukasi yang diberikan pun dibutuhkan penyesuaian dengan khalayak dari tingkat SD hingga umum. Hal tersebut dikatakan Direktur Utama Saung Angklung Udjo Taufik Hidayat.

"Bagaimana pun juga kita harus mengadaptasi situasi, kita tidak bisa, kita harus move on dari cara yang lama. Kita harus polanya hybrid atau virtual dan di virtual itu nanti banyak polanya konten (tantangan). Edukasi untuk anak-anak Paud, SD dan beda lagi untuk SMP dan SMA," kata Taufik saat ditemui detikTravel di Saung Angklung Udjo, Jalan Padasuka Kota Bandung, Rabu (31/3/2021).

Dia mengatakan, rencana penampilan angklung secara virtual masih terus digodog lantaran pola edukasi bagi anak-anak yang dirasa perlu perhatian khusus.

"Sehingga memang kita butuh tenaga ahli untuk mengemas itu semua. Jadi tidak cukup dengan hanya pertunjukan yang kita lakukan kemudian disampaikan begitu saja," ujarnya.

Kemudian, Taufik mengatakan, pihaknya akan menggaet artis ternama Melly Goeslaw dan berbagi ide pemikiran agar menghasilkan konten virtual yang berkualitas.

Sejalan dengan itu, Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Jawa Barat juga mendorong agar Saung Angklung Udjo dapat menyuguhkan penampilan secara virtual. Sehingga, SAU dapat bertahan di tengah hantaman pandemi.

"Kami tahu betul pekerja seni salah satu kelompok yang terdampak selama pandemi. Teman-teman pekerja seni khususnya di Saung Angklung Udjo ini bisa melakukan performance secara online," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat sekaligus perwakilan dari BMPD Herawanto.

Lebih lanjut, bentuk bantuan yang diberikan yakni alat-alat elektronik mulai dari sound system hingga kamera. Fungsinya, kata dia, dapat mendukung proses produksi SAU dalam menghasilkan konten berbudaya sunda.

"Jadi semoga ini juga bisa menjadi penanda mengajak masyarakat secara luas ikut serta menyebarkan kepedulian-kepedulian seperti ini. Kepedulian yang produktif karena kita memberikan alat produksinya," pungkasnya.



Simak Video "Imbas Pandemi, Saung Angklung Udjo Bandung Setop Pertunjukan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA