Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Apr 2021 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Saat Paus Abu-Abu Kembali Sapa Turis

Aerial view of gray whales swimming near a whale watching boat at Ojo de Liebre Lagoon in Guerrero Negro, Baja California Sur state, Mexico on March 27, 2021. - A reduction of contagions from COVID-19 has boosted whale watching tourism in Mexico. Each year hundreds of North Gray Whales travel thousands of miles from Alaska to the Baja California Peninsula breeding lagoons, part of El Vizcaino Gray Whale Sanctuary, a  biosphere reserve and UNESCO World Heritage. (Photo by Guillermo Arias / AFP)
Foto: Paus abu abu (Guillermo Arias/ AFP)
Jakarta -

Turis dengan perahu kecil yang tengah mengarungi perairan semenanjung Baja California bertemu dengan paus abu-abu besar. Rupanya spesies ini tengah melakukan migrasi.

Setiap tahun, paus abu-abu melakukan perjalanan sekitar 9.000 km dari tempat makan saat musim panas di lepas pantai Alaska. Para betina kemudian melahirkan di perairan yang lebih hangat di lepas barat laut Meksiko.

Tahun ini, kedatangan mamalia tersebut bertepatan dengan penurunan infeksi virus Corona. Bagi turis di kawasan itu, bertemu dengan paus merupakan sambutan selamat datang dari pandemi yang telah menewaskan lebih dari 200 ribu orang di Meksiko.

"Ini adalah hari terbaik dalam hidup saya," kata seorang turis Meksiko yang melakukan perjalanan dari negara bagian selatan Oaxaca ke suaka margasatwa pesisir di Baja California, Wilbert.

Ukurannya mirip dengan paus bungkuk, namun mereka dapat dikenali karena warna abu-abu belang-belang. Panjangnya mencapai 15 meter dengan berat mencapai 30-40 ton.

Berkat penurunan virus Corona, pemerintah mengizinkan kapal-kapal wisata keluar 30 persen penuh pada bulan Januari hingga April, kemudian naik menjadi 50 persen.

"Kami mempertahankan pekerjaan itu dan kami berharap bisa keluar darinya. Jika tidak dengan keuntungan, maka setidaknya bisa melunasi sebagian hutang," kata pihak perusahaan wisata mengamati paus, Malarrimo Eco Tours, Luis Enrique Achoy.

Dia mengungkapkan bahwa dalam musim ini sebanyak 1.500 hingga 1.700 paus terlihat di Cagar Biosfer El Vizcaino.

Nelayan dan pemandu wisata Namun Dominguez juga terdampak pembatasan karena pandemi. Kapasitas perahu dibatasi hingga enam atau tujuh orang.

"Tapi semuanya menjadi sedikit lebih sedikit. Karena tingkat infeksi telah rendah, pariwisata telah meningkat," tambahnya.

Kelangsungan hidup paus abu-abu pernah terancam pada pertengahan abad ke 19. Kala itu, pemburu paus komersial menemukan mereka sedang bermusim di dingin di semenanjung Baja California.

Namun untungnya populasi di Pasifik Utara bagian timur telah pulih dan paus menempati peringkat 'paling tak memprihatinkan' dalam daftar spesies terancam Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Nah, salah satu tempat terbaik untuk melihat paus-paus tersebut adalah di laguna lepas Baja California.

"Kami bisa menyentuh mereka dan melihat ibu dengan anaknya. Mereka berdua bermain cukup lama bersama kami," kata turis Meksiko, Claudia Gaitan.



Simak Video "'Mata Api' Muncul di Teluk Meksiko Akibat Kebocoran Gas"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA