Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 03 Apr 2021 09:22 WIB

TRAVEL NEWS

Long Weekend Libur Paskah, Hotel-hotel di Jabar Okupansinya Naik

Hotel Alana Sentul Bogor
Ilustrasi Suasana di Hotel Alana Sentul Foto: Wahyu Setyo Widodo/detikcom
Jakarta -

Long weekend liburan Paskah ini dimanfaatkan orang untuk berlibur ke daerah Jawa Barat. Okupansi hotel di Jawa Barat dilaporkan mengalami kenaikan.

Setidaknya itu yang terjadi di jaringan hotel-hotel milik Archipelago International. Grup ini mengelola hotel antara lain Aston, Favehotels, dan Alana.

"Tapi sesuai ekspektasi, pastinya akan ada kenaikan okupansi untuk hotel-hotel di jawa barat, dan seluruh hotel Archipelago sudah mempersiapkan dan mengantisipasi keadaan tersebut. Kita memperketat protokol kesehatan dan salah satu contoh dari hotel kami seperti ASTON Bogor sudah selesai memvaksin seluruh karyawan," ujar Senior Manager, Brands & Communication Archipelago International Melly Samantha saat dihubungi detikcom, Sabtu (3/4/2021).

Sayang Melly tidak menyebutkan secara pasti berapa kenaikan okupansi hotel-hotel kelolaannya. "Namun yang pasti okupansinya sudah sangat membaik dibanding awal pandemi, belum kembali normal sih," ujarnya.

Meski tidak menyebutkan berapa kenaikan okupansi hotelnya, Melly mengatakan tipe kamar yang diminati traveler adalah tipe kamar suite dan kamar keluarga.

Traveler yang memiliki keluarga memilih melakukan staycation di hotel-hotel Jawa Barat, ketimbang berlibur ke destinasi yang lebih jauh.

"Mungkin karena long weekend pada staycation dan ke Jawa Barat kan nggak terlalu jauh, bisa dengan berkendara melalui jalur darat," ujarnya.

Staycation saat pandemi ini memang tengah populer. Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) bahkan memprediksi tren staycation meningkat saat pemerintah menetapkan larangan mudik lebaran 2021.

"Mungkin ada kondisi yang lebih baik kalau bicara staycation, mungkin ada sedikit peningkatan (dibandingkan tahun lalu), kata Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani.

Sudah dimulainya proses pemberian vaksin COVID-19 kepada sebagian masyarakat, termasuk tenaga kesehatan dan orang-orang lanjut usia, bisa jadi mempengaruhi keberanian masyarakat untuk staycation.



Simak Video "Tol Cipularang Arah Bandung Padat Malam Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA