Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Apr 2021 15:54 WIB

TRAVEL NEWS

Setahun Tutup, Wisata Gunung Kelud Segera Dibuka Lagi

Andhika Dwi
detikTravel
Wisata Gunung Kelud, Kediri
Bupati Kediri menemui warga di kawasan wisata Gunung Kelud. (Andhika Dwi/detikcom)
Kediri -

Setelah hampir satu tahun ditutup untuk wisata umum, Gunung Kelud akan kembali dibuka dalam waktu dekat. Dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Keputusan untuk membuka wisata Gunung Kelud itu diumumkan setelah pemkab Kediri berdiskusi dengan dinas terkait, di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19, bersama warga masyarakat sekitar Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar.

"Saya telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas COVID-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata, kita akan buka dalam waktu dekat," kata Bupati Kediri Hanindhito Himawan, Senin (5/4/2021).

Rencana dibukanya wisata Gunung Kelud dan sejumlah lokasi wisata lain di Kabupaten Kediri disambut baik oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Kediri.

Adi Hasto Utomo, ketua Pokdarwis Kediri, menganggap pembukaan wisata itu menjadi angin segar bagi warga, terutama untuk mengembalikan kondisi ekonomi.

"Alhamdulillah kalau memang pemerintah Kabupaten Kediri akan membuka wisata Gunung Kelud. Apalagi tadi pagi saya juga sudah dihubungi Disbudpar Kediri," kata Adi.

"Tentu saja hal ini akan membuka kesempatan menghidupkan ekonomi warga di sekitar lokasi wisata setelah tutup selama satu tahun. Dan yang jelas menggunakan protokol kesehatan Covid-19," Adi menambahkan.

Abdul Rokhim, salah seorang warga dan sekaligus Penjaga Kawah Gunung Kelud, mengaku sangat senang dengan adanya informasi bahwa Gunung Kelud mau dibuka.

"Selama pandemi ini, Gunung Kelud memang tidak dibuka untuk pengunjung. Ini juga seiring adanya imbauan pemerintah soal protokol kesehatan makanya kalau dibuka ini Alhamdulillah," kata Rokhim.

Kendati telah memutuskan untuk membuka wisata Gunung Kelud dan wisata Kediri lainnya, Hanindhito belum dapat memastikan tanggal kickoff-nya. Pemkab Kediri masih menggodok detail aturan wisata Gunung Kelud saat pandemi virus Corona.



Simak Video "Nestapa Nenek Sebatang Kara, Rumahnya Hancur Gegara Gempa Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA