Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 13 Apr 2021 06:43 WIB

TRAVEL NEWS

Festival Pesona Tambora 206 Tetap Digelar Ditengah Pandemi

Faruk Nickyrawi
detikTravel
Festival Pesona Tambora
Pembukaan Festival Pesona Tambora. Foto: Prokopim Setda Dompu
Dompu -

Festival Pesona Tambora (FPT), sebagai acara untuk memperingati hari meletusnya Gunung Tambora, digelar berbeda tahun ini. FPT ke-206 itu dihelat sederhana.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, event FPT digelar di Padang Sabana Doro Ncanga atau tepatnya di kaki Gunung Tambora maka tahun ini hanya digelar secara seremonial di pelataran kantor Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Itu untuk menghindari munculnya klaster Covid-19 baru dari acara tersebut.

Acara yang berlangsung pada Minggu (11/4/2021) malam itu dihadiri oleh masyarakat. Acaranya pun tidak meriah.

Agenda itu hanya dihadiri oleh pejabat terus Pemkab Dompu juga dari beberapa stakeholder Pemprov NTB dan perwakilan dari Kemenparekraf.

"Acara malam ini agak berbeda dengan festival Tambora seperti tahun sebelumnya. Karena ini kita menghadapi pandemi COVID-19, karena aturan yang harus kita ikuti. Sehingga malam ini kami jalankan sesuai protokol COVID-19 dan berdasarkan rekomendasi kepolisian," kata Kadispar NTB Lalu Muhammad Faozal dalam sambutannya.

Faozal mengatakan diselenggarakan nya kegiatan Festival Pesona Tambora tahun ini didukung oleh Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif dan juga salah satu kegiatan yang telah masuk dalam calendar of event Kemenpar dan Disbudpar NTB tahun 2021.

Melalui FPT, pemerintah dapat mempromosikan pariwisata NTB sekaligus pariwisata Dompu seperti gunung Tambora, Pulau Satonda, pantai Lakey dan wisata-wisata lainnya. Selain itu, dipromosikan juga sektor ekonomi kreatif seperti produk UMKM.

"Kita promosikan ekraf kita, industri pariwisata adalah industri paling terdampak akibat pandemi COVID-19. MotoGP akan kita gelar bulan maret tahun 2022 dan itu akan menjadi race pertama. Semua ekraf UMKN Dompu dan NTB akan dihadirkan di sirkuit Mandalika pada tahun 2022 nanti," ujar Faozal.



Simak Video "Polisi Bekuk Pelaku Pencabulan Siswi 15 Tahun di Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA