Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Apr 2021 05:05 WIB

TRAVEL NEWS

Maskapai Selandia Baru Bakal Timbang Penumpang Sebelum Terbang, Diskriminatif?

Air New Zealand
Foto: Ilustrasi Air New Zealand (Air New Zealand)
Auckland -

Maskapai Air New Zealand bakal menimbang berat badan traveler sebelum terbang. Kebijakan itu bukan diskriminatif, melainkan untuk survey rutin 5 tahunan.

Maskapai Air New Zealand memberlakukan kebijakan baru. Setiap penumpang yang akan terbang menggunakan pesawat mereka, harus terlebih dahulu timbang badan. Begitu pun dengan barang bawaan yang mereka bawa.

Pihak maskapai menyebut timbang badan ini bukanlah dalam rangka untuk mendiskriminasi penumpang, melainkan untuk survey 5 tahun sekali yang biasa dilakukan oleh pihak maskapai.

Survey tersebut bertujuan untuk mengetahui berapa rata-rata berat badan penumpang mereka. Survey itu dilakukan untuk memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh undang-undang.

"OMG, Air New Zealand mengumumkan semua orang di terminal akan ditimbang, baik penumpang maupun tas bawaan mereka. Timbang badan itu sama sekali tidak memalukan," kata Hilary Barry, seperti dikutip dari 9 News Australia, Minggu (18/4/2021).

Survey berat badan itu rupanya tak hanya dijalani oleh penumpang, melainkan juga untuk para kru kabin. Survey tersebut berlangsung selama 1 minggu ke depan.

"Untuk terbang secara aman dan efisien, kami butuh untuk menghitung berat, keseimbangan dan kebutuhan bahan bakar di setiap penerbangan kami. Untuk melakukan itu, kami butuh untuk mengetahui berapa berat badan rata-rata penumpang, kru kabin dan bagasi kami," kata Chief Operational Integrity Officer Air New Zealand, Kapten David Morgan.

Semua data berat badan itu nantinya akan dirahasiakan identitas pemiliknya, hasilnya juga tidak bisa diakses penumpang lain, hanya yang berkepentingan saja yang bisa mengaksesnya.

Di tahun 2003, survey yang dilakukan oleh Civil Aviation Authority (CAA) terhadap 15 ribu orang penumpang, menunjukkan penumpang dari Selandia Baru rata-rata memiliki berat 85,4 kilogram (plus barang bawaannya).

Berdasarkan survey tersebut, berat badan 'standar' yang ditetapkan CAA adalah sekitar 86 kilogram per orang untuk mereka yang usianya di atas 13 tahun. Dari 'standar' itu, bisa dihitung berapa banyak penumpang yang bisa dibawa oleh pesawat.



Simak Video "'Tsunami' Kecil di Pantai Tokomaru Selandia Baru Usai Gempa M 8,1"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA