Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Apr 2021 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Akankah Indonesia Juga Bakal Menggunakan IATA Travel Pass untuk Seleksi Turis?

Syanti Mustika
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (Syanti Mustika/detikTravel)
Jakarta -

Walau sudah ada rencana membuka gerbang internasional, namun sepertinya Indonesia belum memutuskan memakai IATA Travel Pass seperti Singapura. Kenapa?

Negara tetangga, Singapura berencana menerapkan kebijakan penggunaan IATA Travel Pass mulai 1 Mei 2021. Jadi, setiap orang yang akan bepergian ke Singapura dapat menunjukkan Travel Pass tersebut pada saat check-in dengan maskapai penerbangan.

Dalam Travel Pass itu sudah tersimpan data hasil tes PCR COVID-19 sebelum keberangkatan melalui sistem tersebut. Selain itu, data vaksin Covid-19 penumpang dan data bepergian traveler sudah terekam dalam Travel Pass tersebut. Ini disebut juga sertifikat kesehatan.

Nah, Indonesia juga mulai ancang-ancang membuka gerbang wisata. Bali menjadi percontohan.

Tapi, Indonesia belum memutuskan secara detail persyaratan masuk turis asing. Termasuk apakah akan mengikuti jejak Singapura untuk menerapkan IATA Travel Pass.

Dalam Weekly Press Briefing yang diadakan pada hari Senin (19/4/2021) Menparekraf Sandiaga Uno bersama jajarannya akan mengkaji terus tentang travel pass ini.

"Penggunaan IATA Travel Pass masih dalam pembahasan. Prinsipnya, kami akan terus berkoordinasi dengan Kemenlu dan Kemnkuham. Keputusan juga akan terkait dengan rerata vaksinasi yang sudah dilakukan tiap negara," kata Sandi.

"Jadi, kami masih terus memantau efektivitasnya di lapangan. Karena kami ingin memudahkan pergerakan wisatawan dari seluruh negara, bukan hanya dari Eropa atau Amerika saja," Sandi menambahkan.

Saat ini, lebih dari 20 maskapai penerbangan telah mengumumkan uji coba IATA Travel Pass. Bagi wisatawan yang ingin ke Singapura menggunakan IATA Travel Pass harus menanyakan kepada maskapai penerbangan yang mereka bawa untuk kelayakan menggunakan IATA Travel Pass.

IATA Travel Pass itu diprediksi akan menjadi fitur utama dalam perjalanan udara ke depan. Travel Pass diprediksi menjadi solusi terpercaya dan aman untuk memverifikasi kredensial kesehatan para pelancong akan sangat penting dalam memfasilitasi perjalanan udara yang lancar dan menjaga kesehatan masyarakat.

Saat ini, ada sekitar 20 maskapai penerbangan yang sedang melakukan uji coba IATA Travel Pass sebagai syarat terbang dan mendarat bagi penumpangnya. Peluncuran aplikasi IATA Travel Pass di iOS dijadwalkan pada pertengahan April 2021 dan peluncuran di android pada akhir April 2021.



Simak Video "Travel Bubble antara Singapura dan Australia Terancam Batal!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA