Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 20 Apr 2021 19:11 WIB

TRAVEL NEWS

Sebelum Ada Larangan, 72% Orang Indonesia Niat Mudik

Syanti Mustika
detikTravel
Mudik gratis Natal Kemenhub
Foto: (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta -

Pemerintah melarang mudik mulai tanggal 6-17 Mei nanti. Sebelum ada larangan mudik, 72 persen orang Indonesia menyatakan tahun ini akan mudik.

Demikian salah satu hasil survei Pegipegi tentang Preferensi Pulang Kampung Lebaran 2021 di Indonesia. Mereka melakukan survei ini sebelum adanya larangan mudik dari pemerintah.

"Berdasarkan survei yang Pegipegi lakukan, kami melihat masih ada keinginan masyarakat untuk pulang kampung tahun ini. Namun, karena pandemi ada beberapa hal yang dibatasi sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 lebih luas lagi," ungkap VP of Business Operations Pegipegi Priya Vohra, dalam pertemuan virtual, Selasa (20/4/2021).

Adapun survei ini dilakukan menjelang periode Ramadan 2021, pada 25 Maret-1 April 2021. Survei ini diikuti oleh lebih dari 700 responden yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Infografis PegipegiInfografis Pegipegi Foto: (dok Pegipegi)

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, sebanyak 83,3% responden tidak pulang kampung pada tahun 2020 lalu. Sebelum adanya larangan mudik, sebanyak 72% responden berencana pulang kampung di tahun 2021 ini. Sedangkan 28% responden memutuskan tidak pulang kampung di tahun 2021 ini.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia ingin mudik pada periode Lebaran tahun ini, karena sebagian besar dari mereka tidak mudik pada Lebaran tahun 2020 lalu.

Hasil survei juga menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi responden memutuskan tidak pulang kampung. Di antaranya, 77% responden merasa khawatir tertular virus COVID-19 ketika bepergian, 61% responden khawatir membawa virus COVID-19 ke keluarga. Sedangkan 45% responden belum mendapatkan vaksinasi, 40% responden khawatir daerah tujuannya termasuk dalam Zona Merah COVID-19, dan 38% responden karena harga tiket relatif masih mahal.

Untuk kegiatan yang akan dilakukan saat Lebaran, 83% responden ingin bersantai di rumah, 76% ingin silaturahmi dengan keluarga dekat rumah, 69% ingin staycation di kota tempat tinggal. Sedangkan 37% ingin mengunjungi tempat wisata di kota tinggal dan 28% ingin staycation di luar kota yang tidak jauh dari rumah.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa ada 10 kota yang menjadi tujuan favorit Lebaran, jika pulang kampung diperbolehkan. Yaitu Yogyakarta, Surabaya, Jabodetabek, Medan, Semarang, Bandung, Padang, Malang, Purwokerto dan Solo.

Karena adanya pandemi, gaya masyarakat dalam membeli tiket juga mengalami perubahan. Berdasarkan survei yang Pegipegi lakukan, preferensi utama masyarakat saat membeli tiket perjalanan di tengah pandemi di antaranya yaitu memilih tiket dengan harga promo (92%), tiket yang refundable (90%), tiket yang bisa di-reschedule (87%), dan penambahan proteksi perjalanan atau asuransi (47%).



Simak Video "Selama Larangan Mudik, Sekitar 8.000 Kendaraan di DIY Diputar Balik"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA