Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Apr 2021 03:30 WIB

TRAVEL NEWS

Alhamdulillah, Masjid Berusia 150 Tahun Ini Kembali Menerima Jamaah

Syanti Mustika
detikTravel
Masjid Al Mansaf
Masjid Al Mansaf Riyadh, Arab Saudi Foto: (Screenshoot dari Saudi Press Agency)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
Riyadh -

Masjid Al Mansaf di Arab Saudi yang berusia 150 tahun sudah bisa menerima jamaah. Masjid tua ini baru saja direnovasi.

Dirangkum detikcom, Rabu (21/4/2021) Masjid Al Mansaf di Kegubernuran Al-Zulfi, yang berada di 260 km timur laut Riyadh baru saja selesai direnovasi. Masjid ini merupakan salah satu warisan tertua di kawasan tersebut.

Masjid menerima jamaah semenjak Senin lalu. Masjid Al Mansaf yang telah berusia 150 tahun ini mengalami renovasi secara menyeluruh.

Masjid ini terletak di tengah desa tua, 38 km barat laut Al-Zulfi dan 272 km di utara Riyadh. Masjid dibangun kembali dari bata tanah liat dan semen. Lalu atapnya dibangun dari tamariska dan pelepah palem.

Ini adalah bagian dari Proyek Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman untuk Renovasi Masjid Bersejarah di Kerajaan. Dalam proyek renovasi ini, 30 masjid di 10 wilayah akan direstorasi dan direnovasi.

Sepanjang sejarah, Masjid Al Mansaf menjadi sorotan karena lokasinya yang strategis. Masjid ini terletak di daerah persinggahan antara utara Arab Saudi dan negara-negara Teluk Arab.

Bentuk bangunannya juga unik dengan gaya Najdi. Selain sebagai tempat peribadahan, masjid juga sebagai cagar budaya dan keilmuan bagi warga kawasan Al Zulfi.

Masjid dibangun pada akhir abad ke-13 Hijriah. Sheikh Ali Jarallah Ibn Ghazi dan sekelompok keluarga membangun masjid di Kegubernuran Al-Zulfi dengan luas total sekitar 337 meter persegi dan menampung sekitar 87 jemaah sebelum direnovasi.

Masjid ini dulunya terdiri dari unit hunian, ruang salat, dan tempat peristirahatan dengan toilet pun terpisah. Bangunan ini memiliki dua pintu masuk utama.

Setelah mengalami renovasi, masjid kini bisa menampung 150 jemaah. Juga pembagian ruangan masjid terdiri dari ruang salat, Al-Sarha (halaman), tempat salat wanita, toilet, dan tempat wudhu untuk pria dan wanita, dan depot.



Simak Video "Arab Saudi Amankan 147 Orang Jemaah Haji Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)

FOKUS BERITA

Muslim Traveler
BERITA TERKAIT
BACA JUGA