Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Apr 2021 11:05 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Daftar Masjid Terindah Dunia, Traveler Sudah ke Mana Saja? (Bagian 1)

Tim detikcom
detikTravel
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. 

Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter.
Foto: Masjid Quba (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Masjid-masjid cantik tersebar di seluruh dunia untuk umat muslim menunaikan ibadah. Traveler sudah pernah mengunjungi masjid di mana saja?

Mulai dari negeri nan jauh di Arab Saudi hingga negara kita Indonesia, umat muslim bisa menemui berbagai masjid berdesain indah. Berikut 10 masjid cantik yang ada di Arab Saudi, Malaysia, Singapura hingga Brunei Darussalam.

1. Masjidil Haram, Arab Saudi

Masjidil Haram adalah masjid terbesar sedunia. Ini adalah masjid paling suci untuk umat Islam. Masjidil Haram adalah kiblat atau titik pusat salat untuk umat Muslim di seluruh dunia, pusat kegiatan ibadah haji dan sumber air Zamzam. Kegiatan ibadah Tawaf mengelilingi Kabah, berlangsung selama 24 jam setiap tahunnya oleh para jamaah Umroh.

Masjid ini sungguh besar, berhiaskan marmer berkualitas tinggi dan terus mengalami perluasan. Saat ini, Masjidil Haram luasnya 356.800 meter persegi termasuk kawasan outdoor dan indoor. Masjid ini saking luasnya sampai sanggup menampung 2 juta jamaah haji dalam satu waktu.

In this photo released by the Saudi Media Ministry, limited numbers of pilgrims, move several feet apart, circling the cube-shaped Kaaba in the first rituals of the hajj, as they keep social distancing to help prevent the spread of the coronavirus, in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, Wednesday, July 29, 2020. The hajj, which started on Wednesday, is intended to bring about greater humility and unity among Muslims. (Saudi Media Ministry via AP)Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi (Saudi Media Ministry via AP) Foto: AP/STR

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi adalah masjid suci kedua umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekah. Masjid ini dibangun tahun 622 masehi setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Rumah Rasulullah akhirnya masuk ke dalam bagian masjid ketika mengalami perluasan.

Masjid Nabawi menjadi salah satu destinasi utama jamaah haji dan umrah setiap tahunnya untuk berziarah ke makam Rasulullah dan Raudhah yang dulunya halaman rumah Nabi Muhammad SAW. Kubah payung yang bisa dibuka tutup di masjid ini menjadi favorit para jamaah. Masjid Nabawi mampu menampung 1 juta jamaah dalam kapasitas maksimalnya.

Ilustrasi masjid nabawi madinahMasjid Nabawi, Madinah Foto: Rachman Haryanto

3. Masjid Quba, Arab Saudi

Saat berkunjung ke Madinah, ada satu masjid lagi yang sering disinggahi jamaah haji dan umrah yaitu Masjid Quba. Masjid ini begitu istimewa karena merupakan masjid pertama yang didirikan langsung oleh Nabi Muhammad SAW ketika di sedang dalam perjalanan hijrah.

Masjid Quba kini mampu menampung hingga 20 ribu jamaah. Masjid Quba punya bentuk persegi panjang. Luas masjidnya sekitar 5.860 meter persegi dan memiliki dua lantai. Masjid Quba juga punya perpustakaan dan ruang belajar mengajar.

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter.Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun Rasulullah pada 8 Rabiul Awal pada 1 Hijriyah. Berada 5km dari masjid Nabawi atau sebelah tenggara di luar kota Madinah. Memiliki 19 pintu dengan 3 pintu utama. Dua diantaranya dibuka untuk jamaah Pria dan 1 untuk jemaah wanita. Masjid ini memiliki 4 menara yang menjulang tinggi. Masjid ini juga memiliki enam kubah besar, masing-masing berdiameter 12 meter dan 56 kubah kecil yang berdiameter enam meter. Foto: Rachman Haryanto

4. Masjid Qiblatain, Arab Saudi

Satu lagi masjid yang istimewa di Madinah, Arab Saudi adalah Masjid Qiblatain. Dinamakan Qiblatain karena di masjid ini memiliki keunikan arsitektur dua arah kiblat untuk salat. Awalnya kiblat menghadap Baitul Maqdis di Yerusalem, sampai akhirnya Rasulullah SAW diperintahkan mengubah arah kiblat ke Kabah di Mekah.

Bekas kiblat yang lama masih bisa dilihat para traveler. Ada dua tempat imam salat di sini. Tempat imam salat yang menghadap Baitul Maqdis sudah tidak dipakai karena perpindahan arah kiblat. Sebaliknya, tempat salat imam yang sekarang telah memiliki mimbar khusus lengkap dengan sajadahnya.

Masjid Qibalatin di Medinah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki dua kiblat.Masjid Qibalatin di Medinah, Arab Saudi. Masjid ini memiliki dua kiblat. Foto: Getty Images/shahreen

5. Masjidil Aqsa, Palestina

Masjid suci ketiga bagi umat Islam adalah Masjidil Aqsa di Palestina. Banyak traveler yang tertukar menyangka Masjidil Aqsa adalah bangunan berkubah emas di Yerusalem. Padahal itu adalah Dome of Rock. Masjidil Aqsa adalah bangunan berkubah ungu gelap di seberangnya. Namun kedua bangunan itu tercakup dalam satu kawasan yang disebut Baitul Maqdis.

Kawasan Baitul Maqdis sangat penting bagi umat Islam terkait dengan peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Uniknya kawasan ini juga menjadi tempat suci untuk umat Nasrani, dan Yahudi memiliki Tembok Ratapan di kawasan yang sama.

Penutupan kompleks Masjid Al Aqsa diperpanjang hingga Ramadhan. Hal ini disebabkan oleh wabah pandemi virus Corona yang belum kunjung berakhir.Masjid Al Aqsa (Foto: Getty Images)

Selanjutnya, Masjid Cantik di Malaysia, Singapura hingga Rusia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA