Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Nov 2019 21:47 WIB

INTERNATIONAL DESTINATIONS

Masjid Terbesar Eropa Ada di Kampungnya Khabib Nurmagomedov

Tim
detikTravel
Masjid Jami Makhachkala, Dagestan, Rusia (Foto: Tim detikcom)
Makhachkala - Perjalanan ke Dagestan, Rusia jangan pernah melewatkan masjid-masjid bersejarah di sana. Di kampung halaman Khabib Nurmagomedov ini berdiri masjid terbesar Eropa dan ada pula yang jadi cagar budaya UNESCO.

Masjid pertama yakni yang terbesar di Eropa, yakni Masjid Jami Makhachkala. Islam di Dagestan cukup toleran dan moderat dan beraliran Sunni seperti di Indonesia.

Di Makhachkala terdapat masjid yang diklaim sebagai yang terbesar di Rusia dan bahkan Eropa. Itu akan mengalahkan kapasitas Masjid Katedral di Moskow.

Masjid Terbesar Eropa Ada di Kampungnya Khabib NurmagomedovFoto: Tim detikcom

Masjid Jami Makhachkala dapat menampung sekitar 17 ribu jamaah, dibanding Masjid Katedral Moskow yang hanya menampung 10 ribu orang. Bahkan saat ini sedang dibangun Islamic Center di tanah seluas 35 ha, dengan masjid yang akan mampu menampung sekitar 50 ribu jamaah.

Sekitar 170 kilometer ke arah selatan dari Makhachkala, atau 2,5 jam perjalanan darat, terdapat kota tua Derbent yang telah berumur sekitar 2 ribu tahun bahkan lebih. Derbent dimasukkan UNESCO menjadi salah satu kota "heritage" yang dilindungi.

Di situ terdapat Benteng Naryn-Kala yang dibuat pada abad VI oleh Kerajaan Sasanian. Gunanya untuk melindungi diri dari serangan penduduk Pegunungan Kaukasia.

Masjid Terbesar Eropa Ada di Kampungnya Khabib NurmagomedovMasjid Juma Derbent (Foto: Tim detikcom)

Di kota itu juga terdapat masjid tertua yang dibangun tahun 734 atau 10 tahun setelah Nabi Muhammad SAW wafat pada zaman Kekhalifahan Rasyidin di bawah Abu Bakar, melalui peperangan. Tidak jauh dari masjid terdapat makam kuno para martir yang sampai saat ini masih dirawat dengan baik.

Selama ini Dagestan dianggap sebagai wilayah konflik dan bahkan situs-situs perjalanan masih menyebutkan daerah ini tidak aman untuk turis. Ternyata keadaan di lapangan berbicara lain, hal ini dijelaskan oleh M. Wahid Supriyadi Duta Besar LBBP RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus.

Sedang Khabib lahir pada tanggal 20 September 1988 di Sildi. Itu adalah desa kecil yang dihuni sekitar 700 penduduk.

Sehari-hari, penduduknya bekerja dengan bercocok tanam dan berternak. Jarak dari Sildi ke Makhachkala pun cukup jauh, sekitar 190-an km.

Simak Video "Duka McGregor Atas Kematian Ayah Khabib"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA