Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

13 Fakta Blobfish Hewan Terjelek di Dunia dan Amat Misterius

Femi Diah
detikTravel
Blobfish
Ilustrasi blobfish (Getty Images/iStockphoto/kazumi miyamoto)
Jakarta -

Blobfish, ikan gendut berkepala bengkak dan tampak malas, disebut sebagai hewan paling jelek sedunia. Berikut faktanya.

Dikutip dari BBC, blobfish (Psychrolutes microporos) kerap menjadi meme karena penampilannya yang lembek seperti agar-agar, bengkak, dan licin. Tampangnya juga tidak bersemangat.

Predikat hewan terjelek di dunia pun diberikan kepadanya. Julukan itu didapatkan dari jajak pendapat oleh Ugly Animal Preservation Society, kelompok pelestari yang menyebut ikan ini perlu dilindungi.

Kendati kerap muncul di internet dalam meme, blobfish menjadi satwa baru dalam dunia sains. Ikan ini sering disebut ikan kepala gendut.

Berikut 13 fakta blobfish ikan terjelek di dunia:

1. Spesimen pertama blobfish ditemukan oleh kapal peneliti di lepas pantai Selandia Baru pada 1983. Baru satu dekade kemudian ikan ini diidentifikasi secara resmi.

2. Ikan blobfish dapat ditemukan di kantung-katung terdalam di laut di kedalaman antara 600 sampai 1.200 meter. Di dasar laut seperti ini, tekanan bisa lebih dari 100 kali dari permukaan dan ikan ini bisa beradaptasi.

3. Bentuk blobfish yang gendut yang kerap menjadi meme, dengan badan gendut dan muka jelek, itu merupakan ikan mati. Tubuh blobfish sangat licin dengan tulang lunak dan sangat sedikit otot. Bila terjaring dan diangkat ke permukaan, dekompresi dapat membuat ikan ini melebar dan kulitnya melentur.

Di darat atau saat diangkat ke kapal, jaringan gelatin ikan ini tak mampu menopang tubuh sehingga menjadi seperti tak berbentuk lagi.

4. Di kedalaman laut, blobfish terlihat seperti ikan biasa. Ikan ini berkepala bulat, mata hitam dan insang berbulu. Tubuh ikan ini berwarna merah muda keabuan, lancip ekornya seperti kecebong.

5. Ukuran blobfish biasanya kurang dari 30 cm dengan berat di bawah 2 kilogram.

6. Seperti halnya ikan di kedalaman laut, blobfish tidak memiliki swim bladder atau gelembung renang, organ yang membantu ikan mendekati permukaan untuk mengatur kemampuan mengapung. Bila blobfish mencoba naik, tekanan kuat akan menghancurkan ikan jenis ini.

7. Tubuh berlemak blobflish memiliki peranan tersendiri. Dengan tubuh tinggi lemak, ikan ini justru lebih ringan.

8. Malas dan memiliki lemak tinggi menjadi cara blobfish bertahan hidup.

9. Makanan blobfish memangsa apapun yang lewat karena... dia malas. Dengan kemampuan mengapung seperti itu, ikan ini memangsa apapun yang terbawa arus air, termasuk keong laut, krustasea atau apapun yang bisa dimakan.

10. Habitat blobfish tersebar di Samudra Atlantik, Pasifik dan Hindia. Namun sebagian spesies blobfish, termasuk yang disebut Mr Blobby, hanya ditemukan di sedikit tempat.

Spesies Psychrolutes microporos (serta spesies terdekat Psychrolutes marcidus) tinggal di perairan di seputar antara Australia dan Selandia Baru, dengan kedalaman lebih dari 500 meter.

11. Rupa anak blobfish tidak banyak diketahui. Begitu pula perilaku blobfish karena memang sulit untuk mengamati hewan yang tinggal di kedalaman dan kegelapan laut.

12. Cara berkembang biak blobfish disebut-sebut dengan hanya saling bepelukan saking malasnya. Sejumlah spesies Psychrolutidae pernah diamati mengerami ribuan telur, terkadang di karang yang terletak tak jauh dari tempat ikan ini biasa berada. Sejumlah laporan menunjukkan ikan betina yang mengandung biasanya berkumpul bersama, kemungkinan untuk saling melindungi.

13. Upaya konservasi ikan blobfish ini belum jelas, Sebab, blobfish juga belum bisa dikategorikan hewan yang terancam karena hewan ini tinggal di dasar laut, sehingga informasi masih sangat sedikit. Jadi, sejauh ini tidak jelas jumlah blobfish yang ada dan apakah ada mahkluk laut yang memangsa jenis ikan ini. Juga tidak diketahui apakah ikan ini terganggu dengan perubahan keasaman laut dan bisa bertahan hidup berapa lama.



Simak Video "Pelaku Diduga Aniaya Satwa Langka Simpai di Sumbar Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA