Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik, 6 Museum di Surabaya Dibuka Lagi, tapi Pesan Tiket Online Dulu

Antara
detikTravel
museum pendidikan
Museum Pendidikan (Deny Prastyo Utomo/detikcom)
Surabaya -

Enam museum yang tersebar di Kota Surabaya kembali dibuka dengan protokol kesehatan ketat. Sebelum datang, traveler bisa pesan tiket secara online.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan bahwa enam museum tersebut yaitu Museum Surabaya, Museum W.R Soepratman, Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum Dr Soetomo, Museum Pendidikan, Museum Sepuluh Nopember dan area Lapangan Tugu Pahlawan.

"Pembukaan museum sebenarnya sudah dilakukan sejak Selasa (20/4) dan kami pastikan pembukaan museum tetap menerapkan proses ketat," kata Febriadhitya kepada Antara, Kamis (22/4).

Dalam penerapan protokol kesehatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya membuat beberapa regulasi yang tertuang dalam standar operasional prosedur (SOP) pembukaan museum. Wisatawan yang mau berkunjung ke museum bisa memesan tiket secara online melalui laman https://tiketwisata.surabaya.go.id. Nah, pada laman ini, wisatawan bisa memilih waktu yang telah ditentukan petugas.

Misalnya, Museum Surabaya buka setiap Selasa-Minggu pada pukul 09.00 WIB - 14.00 WIB. Waktu operasional terbagi menjadi beberapa sesi. Pengunjung dengan jumlah 30 orang isa masuk di setiap sesi, durasinya 30 menit.

"Di sela perpindahan jam pengunjung, petugas selalu menyemprot area dengan cairan disinfektan. Jadi, diusahakan semaksimal mungkin tetap steril. Tak lupa, pengunjung yang masuk juga diukur suhu tubuh dan wajib mengenakan masker," ujar Febriadhitya.

Tidak hanya itu, mantan Kepala Bidang (Kabid) Satpol PP Surabaya ini mengurai masing-masing museum memiliki kapasitas orang yang berbeda-beda dalam tiap sesinya. Sebab, tergantung dengan luas area museum tersebut.

Febri mencontohkan, saat pengunjung masuk ke Lapangan Tugu Pahlawan, petugas akan menanyakan tujuan pengunjung tersebut. "Apakah ke lapangan atau ke Museum Sepuluh Novembernya?. Pengunjung diberikan waktu 30 menit untuk mengelilingi museum tersebut," ujarnya.

Dengan begitu, masyarakat dapat kembali jalan-jalan menikmati museum yang ada di Kota Pahlawan dengan memperhatikan prokes secara ketat. Bahkan, pembukaan museum dipastikan telah mendapatkan asesmen dari Satgas COVID-19.

"Jadi kita sudah mendapatkan persetujuan dari satgas COVID-19 Kota Surabaya," tutupnya.



Simak Video "Serunya Wahana-wahana di Suroboyo Carnival Park"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA