Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 08:12 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Parade Firaun, Muncullah Royal Mummies Hall

Bonauli
detikTravel
Mesir pindahkan belasan mumi Firaun ke museum baru dalam parade mewah di Kairo
Parade mumi Firaun (BBC Magazine)
Kairo -

Parade Firaun yang dipamerkan oleh Mesir menjadi kegiatan mumi paling besar di dunia. Kini tak perlu nunggu parade, kamu bisa bertemu mumi-mumi itu.

Dilansir dari Global Times, Mesir akan membuka aula mumi firaun di Museum Nasional Peradaban Mesir (NMEC). Punya ruangan sendiri, mumi firaun akan dipamerkan di Royal Mummies Hall.

Ruangannya terbuka, dengan dinding gelap dan suasana remang-remang. Mumi yang dipamerkan termasuk 22 mumi yang dipindahkan saat parade. Ya, parade tersebut sebenarnya adalah acara pemindahan mumi dari Museum Mesir di Tahrir Square ke NMEC di Kairo.

Pembukaan aula Royal Mummies Hall dilaksanakan bertepatan dengan Hari Internasional untuk Monumen dan Situs alias Hari Warisan Dunia.

Kami telah merencanakan untuk membuka Royal Mumi Hall pada Hari Warisan Dunia setelah restorasi mumi," kata Fayrouz Fekry Selim, wakil direktur manajemen dan operasi Royal Mummies Hall.

NMEC baru diresmikan pada 3 April lalu. Selim mencatat sudah ada lebih dari 150 ribu pengunjung yang datang ke sana, sejak dibuka.

"Tiga orang Jerman menjadi yang pertama mengunjungi Royal Mummies Hall setelah pembukaan," dia mengungkapkan.

Untuk bisa masuk ke Royal Mummies Hall, traveler harus turun tangga dan melewati pintu masuk aula utama museum. Mumi dipajang di samping peti mati asli, tempat mereka ditemukan.

Mumi ini terdiri dari 18 raja dan empat ratu yang memerintah Mesir Kuno lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Mumi pertama yang akan dilihat wisatawan adalah Mumi Raja Seqenenre Taa II, Raja Thutmose I, Raja Thutmose II, Ratu Hatsheput, Raja Thutmose II, Raja Amenhotep II dan Thutmose IV.

Kebanyakan mumi lama hanya akan menampilkan tulang-tulang saja. Namun beberapa masih dalam kondisi bagus dan memiliki rambut kepala, contohnya Raja Ramses II dan Ratu Tiye.

Wisatawan sangat gembira bisa melihat mumi bersejarah dunia dalam satu tempat. Tak sedikit yang kagum dengan kondisi mumi.

"Mereka semua memiliki gigi yang cukup bagus dan putih bersih," ujar Thomas, seorang wisatawan.

Meski memiliki 22 daftar mumi yang akan dipajang, namun Royal Mummies Hall hanya dapat menampung 20 mumi saja. Sementara dua mumi lainnya akan dipamerkan secara bergilir.

"Royal Mummies Hall seluas 850 meter persegi. Museum ini memamerkan 20 mumi, 12 peti mati dan beberapa barang khusus Amenhotel II dan Thutmose IV," ujar Mahrous el-Sanadidy, kurator senior di museum.



Simak Video "Meriah! Pawai Akbar Pemindahan Mumi Kerajaan Mesir Kuno"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA