Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 24 Apr 2021 21:32 WIB

TRAVEL NEWS

China Kuasai Daftar Bandara Tersibuk di Dunia Saat Pandemi

Bandara Baiyun, Guangzhou
Bandara Baiyun, Guangzhou menjadi bandara tersibuk di dunia saat pandemi. (Getty Images/Boarding1Now)
Jakarta -

Sebelum pandemi, bandara tersibuk di dunia ditempati oleh Bandara Internasional Hartsfield Jackson Atlanta di Amerika Serikat. Kini, berubah.

Dirilis tengah pekan lalu, oleh Airport Council International (ACI), tujuh dari 10 bandara tersibuk di dunia 2020 berada di China.

Peringkat pertama ditempati oleh Bandara Internasional Baiyun Guangzhou, China. Pada 2019, Bandara Baiyun ada di urutan ke-11.

Adapun Bandara Hartsfield Jackson Atlanta turun ke peringkat kedua setelah bertahan selama 22 tahun berada di posisi teratas.

Melansir CNN Travel, Sabtu (24/4/2021), pergeseran peringkat bandara dengan patokan jumlah penumpang itu disebabkan oleh pandemi virus Corona. Badai Covid-19 masih mengganggu perjalanan di dunia.

Bandara Hartsfield Jackson AtlantaBandara Hartsfield Jackson Atlanta Foto: Getty Images/NNehring

Bandara Guangzhou memiliki 43,8 juta penumpang di 2020 turun sekitar 40 persen dari tahun 2019. Adapun bandara di Atlanta itu disambangi 42,9 penumpang, turun 61 persen dari tahun sebelumnya.

"Sementara industri pulih, kami berharap ATL merebut kembali tempatnya di puncak dalam beberapa tahun mendatang," kata Wakil Presiden bidang Ekonomi ACI World, Patrick Lucas.

Selain Guanzhou, bandara di kota-kota China seperti Chengdu, Shenzhen, Kunming, Shanghai, dan Xi'an juga berada di dalam 10 besar bandara tersibuk di dunia 2020. Bandara Internasional Shanghai yang sebelumnya berada di urutan ke-46 naik ke peringkat sembilan.

Sementara itu, Bandara Internasional Beijing yang sering menduduki peringkat kedua justru turun ke peringkat keenam pada 2020.

Secara keseluruhan, lalu lintas penumpang udara di seluruh dunia tahun lalu turun hampir 65 persen. Lalu lintas penumpang di 10 bandara tersibuk di tahun 2020 turun hampir 46 persen.

"Data yang diterbitkan hari ini menunjukkan tantangan yang terus dihadapi bandara dan industri saat ini. Perlu dukungan dan kebijakan yang masuk akal dari pemerintah untuk memastikan bahwa penerbangan dapat bertahan, membangun kembali konektivitas, dan mendorong pemulihan ekonomi global," kata Direktur Jenderal ACI Dunia, Luis Felipe de Oliveira.

ACI juga berharap lalu lintas penumpang pesawat di seluruh dunia pulih seperti tahun 2019 sebelum 2024.

Bandara Eropa tersingkir dari 10 besar bandara tersibuk di dunia

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA