Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Apr 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Studi Terbaru: Ternyata T-Rex Jalannya Lambat

T-rex
Foto: (Pasha Van Biljert)
Jakarta -

Kalau melihat di film-film dinosaurus, T-Rex adalah predator yang begitu ganas dan menakutkan. Tapi ternyata hewan ini tidak berjalan cepat lho.

Dilansir CNN oleh detikTravel, Minggu (25/4/2021) menurut studi baru oleh ahli paleontologi Belanda, Tyrannosaurus rex menempuh 3 mil atau sekitar 7 km per jam, kecepatan yang mirip dengan manusia atau beberapa hewan lain. Kecepatan ini lebih lambat dari perkiraan.

Saat berjalan, kebanyakan hewan akan berjalan dengan kecepatan normal untuk menghemat energi, begitu pun T-Rex dengan bobot ekor yang berat. Perkiraan sebelumnya belum sepenuhnya memperhitungkan peran ekor T-rex yang membentuk lebih dari setengah panjang badan hewan ini.

"Hewan cenderung lebih menyukai kecepatan berjalan yang, untuk jarak tertentu dengan energi minimal. Mereka melakukan ini dengan memilih ritme langkah tertentu, di mana tubuh mereka beresonansi/bergetar," kata seorang mahasiswa pascasarjana bidang paleobiomenkanik di Vrije Universiteit Amsterdam, Van Bijlert.

"Karena seluruh ekor T-Rex digantung oleh ligamen (jaringan elastis pada lutut) yang berperilaku seperti karet gelang, kami merekonstruksi ekor ini untuk menyelidiki pada ritme langkah mana ekor T-Rex akan beresonasi" tambahnya

Seluruh ekor T-Rex memiliki berat hampir 1.000 kg. Setiap langkahnya akan sedikit memantul ke atas dan ke bawah. Beberapa gerakannya pun membutuhkan sedikit usaha.

Tim peneliti menghitung ritme langkah dari model komputer ekor T-Rex, berdasarkan Trix, fosil T-Rex dewasa sepanjang 12 meter di museum alam pusat sejarah dan penelitian di Belanda, Naturalis Biodiversity Center. Para ilmuwan mengalikan ritme langkah dengan panjang langkah yang ditemukan pada jejak fosil untuk perkiraan kecepatan berjalan dasar 2,86 mil per jam.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA