Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Apr 2021 16:40 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal Genose, Alat Test Covid-19, Akurat Nggak Sih?

Warga Dukuh Gondang, Desa Candi, Kecamatan Ampel, Boyolali, mengikuti tes Corona dengan alat GeNose, Jumat (23/4/2021).
Foto: Ilustrasi tes GeNose (Ragil Ajiyanto/detikcom)
Jakarta -

GeNose dijadikan sebagai salah satu alat penguji COVID-19. Mari kita mengenal alat ini lebih dekat. Akurat nggak sih?

Surat keterangan Negative Covid-19 menjadi salah satu syarat perjalanan yang dibutuhkan oleh traveler jika ingin bepergian keluar daerah untuk saat ini. Terdapat beberapa test yang dapat digunakan untuk mendapat surat keterangan Negative Covid-19.

Pertama bisa menggunakan Test Swab PCR, Test Swab Antigen, Rapid Test, dan yang terakhir ada Test GeNose. Mungkin belum banyak yang tau mengenai Test GeNose. Dihimpun, Minggu (25/4/2021), berikut penjelasannya:

Universitas Gajah Mada (UGM) menemukan alat pendeteksi Virus Corona yang diberi nama GeNose dan telah diizinkan secara resmi penggunaannya oleh Satgas penanganan Covid-19 sebagai syarat perjalanan dengan kereta api dan bus.

Dikutip dari laman resmi UGM, Test GeNose mendeteksi adanya Virus Corona dengan melihat Volatile Organic Compound (VOC). Dimana VOC biasanya terbentuk karena tersapat infeksi Covid-19 yang keluar bersamaan dengan nafas.

Cara kerja GeNose yaitu dengan meminta pasien untuk menghembuskan nafas ke sebuah tabung khusus, yang nantinya sensor didalam tabung akan bekerja untuk mendeteksi VOC. Setelah itu data yang dperoleh akan memunculkan hasil apalah pasien Negatif atau Positif Covid-19 dalam waktu kurang dari 2 menit.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk mengambil Test GeNose juga terbilang cukup murah. Untuk mengambil Test GeNose C-19 ini Traveller hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 15.000-25.000.

Apabila ingin memiliki alat ini secara pribadi, harganya diperkirakan sekitar Rp 40.000.000 dimana ini bisa melakukan pemeriksaan sekitar 120 kali/hari, dengan estimasi per pemeriksaan 3 menit selama 6 jam.

Untuk akurasinya, Test GeNose telah melewati Uji Profiling dengan sampel dari Rs Bhayangkara dan Rs Khusus Covid Bambanglipuro, Jogja dengan tingkat akurasi sampai dengan 97%.

Selain memiliki tingkat akurasi yang tinggi, Test GeNose juga terbilang cuko nyaman untuk diambil karena hanya perlu untuk menghembuskan nafas, dibanding dengan Test Swab dan lainnya.

Nah, bagi traveler yang ingin mengambil Test Covid-19 tapi ingin yang harganya terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah, Test GeNose bisa banget nih untuk jadi solusi kalian.

Tentunya tetap ingat untuk mematuhi protokol kesehatan ya!



Simak Video "GeNose Jadi Pilihan Syarat Perjalanan KAI, Ini Kata Epidemiolog"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA