Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Apr 2021 23:03 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Mau Beri Subsidi Ongkir ke Diaspora Biar Rendang Mendunia

Sandiaga Uno mendorong agar desa-desa wisata yang ada di Indonesia dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing.
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Payakumbuh -

Di depan warga Payakumbuh, Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan rencananya untuk memberikan subsidi ongkos kirim untuk para diaspora agar rendang mendunia.

Menparekraf Sandiaga Uno berkunjung ke kota Payakumbuh, Sumatera Barat pada Kamis (22/4) lalu. Dalam agenda kunjungan kerjanya itu, Sandiaga bertemu dengan para pelaku ekonomi kreatif di Payakumbuh, yaitu UMKM penghasil rendang.

Payakumbuh selama ini memang dikenal sebagai daerah penghasil rendang dengan kualitas jempolan di Sumbar. Bahkan kota ini sekarang berani membranding diri sebagai 'The City of Randang'.

Rendang dari Payakumbuh sudah tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Agar rendang makin mendunia, Sandiaga pun punya rencana memanfaatkan banyaknya diaspora Indonesia yang hidup di berbagai penjuru dunia.

Mereka akan jadi 'duta' rendang dan diberi fasilitas berupa subsidi ongkir untuk membawa rendang dari Indonesia ke negara dimana mereka tinggal.

"Seluruh diaspora Indonesia akan diberikan insentif. Seluruh restoran Indonesia di luar negeri akan diberikan paket pengiriman yang disubsidi oleh pemerintah untuk Garuda agar rendang-rendang produksi UKM-UKM kita ini bisa mendunia," kata Sandiaga.

Selain itu, Sandiaga juga akan memberikan subsidi ongkir untuk pengiriman parsel lebaran, sehingga larangan mudik bisa tergantikan oleh parsel-parsel lebaran yang masyarakat kirimkan ke kampung halaman.

"Ini yang nanti akan masuk jadi subsidi produk-produk ekonomi kreatif, yang kita harapkan mengisi parsel-parsel lebaran. Kita akan memberikan subsidi ongkir. Kita harapkan dalam satu-dua hari kebijakan ini bisa segera diumumkan," lanjut Sandiaga.

Rendang akan jadi kuliner unggulan dan akan dipromosikan dalam ajang World Expo 2020 yang akan digelar di Dubai tahun 2021 ini. Sandiaga pun meminta agar sentra IKM seperti di Payakumbuh ini bersiap.

"Saya minta sentra-sentra IKM seperti ini bersiap-siap karena kita akan melakukan satu gerakan kolosal Indonesia Incorporated untuk mendukung produk-produk ekonomi kreatif, khususnya kuliner. Karena CNN sudah memilih beberapa kali rendang menempati posisi teratas kita sudah tetapkan rendang sebagai Top of The List," pungkas Sandiaga Uno.



Simak Video "Siap Gelar World Superbike, Pemerintah: Semua Atlet Harus Sudah Divaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA