Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Apr 2021 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

32 Tahun Tinggal di Pulau Terpencil, Kakek Tua Akhirnya Tergusur Juga

Mauro Morandi dan Isle of Budelli
Foto: Mauro Morandi (BBC)
Budelli -

Sudah 32 tahun lamanya, Mauro Morandi tinggal sendirian di sebuah pulau terpencil Italia. Tapi akhirnya, Morandi harus rela digusur juga oleh pemerintah.

Inilah kisah Mauro Morandi, kakek tua berusia 81 tahun yang tinggal di pulau Budelli, sebuah pulau terpencil di dekat Sardinia. Sudah 32 tahun lamanya, Morandi tinggal di pulau terpencil itu sendirian.

Morandi tinggal di Budelli sejak tahun 1989. Awalnya, Morandi tiba di Budelli secara tidak sengaja. Saat itu, Morandi mencoba berlayar ke Polinesia. Namun kapalnya mengalami masalah, dan akhirnya mendarat di Budelli.

Sejak saat itu, Morandi memutuskan untuk tinggal di Budelli. Dia mengabdikan dirinya untuk menjadi 'caretaker' alias penjaga pulau tersebut.

Mauro Morandi dan Isle of BudelliMauro Morandi dan Isle of Budelli Foto: (Mauro Morandi/detikTravel)

Saat ditanya apa alasan Morandi mau tinggal di Budelli? Ia pun menjawab,

"Saya cukup muak dengan banyak hal yang ada dalam masyarakat kita, konsumerisme dan juga situasi politik di Italia. Saya ingin memulai kehidupan baru yang dekat dengan alam," kata Morandi kepada BBC.

Selama tinggal di Budelli, Morandi tinggal di gubuk yang ia dirikan di bekas shelter Perang Dunia Kedua. Dia bekerja memandu turis yang datang ke Budelli, dan merawat ekosistem di sana.

Budelli pun ia anggap sebagai surga. Pasir pantainya berwarna pink, air lautnya pun biru jernih. Udaranya segar dan pastinya bebas dari polusi. Morandi pun tidak memiliki niatan untuk pergi meninggalkan pulau tersebut.

Namun sayang, keinginan Morandi tidak dikabulkan oleh pemerintah Italia. Oleh pemerintah Italia, berkali-kali Morandi diminta untuk pindah. Pemerintah Italia beralasan, Morandi telah melakukan modifikasi terhadap rumahnya secara ilegal.

Di tahun ke-32 ia tinggal di Budelli, Morandi akhirnya menyerah juga. Dia akan mengikuti permintaan dari pemerintah Italia untuk berhenti jadi penjaga pulau Budelli.

"Saya harap di masa depan, Budelli akan dijaga sama seperti saya menjaganya," kata Morandi.



Simak Video "Militer Italia Sukses Evakuasi 85 Warga Afghanistan dari Kabul"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA