Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Mei 2021 23:16 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: Belum Bisa Disebut Tokoh Nasional kalau Belum ke Km 0 Indonesia

Syanti Mustika
detikTravel
Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Dia pun datang ke Titik 0 dan keliling untuk melihat potensi wisata Sabang.
Foto: (Syanti Mustika/detikcom)

Sementara itu, Wali Kota Sabang Nazaruddin mengaku senang menerima kunjungan dari Sandiaga Uno. Dia berharap kunjungan Sandiaga Uno dapat memberikan kontribusi yang besar terhadap pariwisata di Kota Sabang, khususnya pada kelima pulau, yakni Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Rubiah dan Pulau Seulako.

"Maka dalam hal ini kami menitipkan pak, dengan kehadiran bapak kami mendapat nilai yang positif, artinya seperti yang Bapak Menteri sampaikan tadi, Sabang menjadi lebih banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh nasional dan seluruh rakyat Indonesia. Belum sah apabila belum mengunjungi Pulau Weh ini, itu harapan kami," ungkap Nazaruddin.

Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Dia pun datang ke Titik 0 dan keliling untuk melihat potensi wisata Sabang.Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Aceh. Dia pun datang ke Titik 0 dan keliling untuk melihat potensi wisata Sabang. Foto: (Syanti Mustika/detikcom)


"Kami juga berharap Sabang ke depannya mempunyai lampu merah (lalu lintas), sekarang ini belum punya lampu merah karena belum ramai kunjungan, jadi belum ada macetnya pak. Jadi harapan kami, kalau lampu merah sudah ada, jadi sudah macet-sudah ramai," tambahnya.

Selesai dari KM 0, Sandiaga Uno beserta rombongan dan walikota Sabang beserta jajarannya langsung menuju ke Teupin Layeu untuk melihat potensi wisata pulau di Sabang. Sandiaga bersama rombongan pun naik boat untuk keliling melihat pulau.

Setelah berkeliling, rombongan Menparekraf bersama dengan wali kota Sabang dan jajaran menepi di Tugu Merah Putih.

"Tadi membahas beberapa spot yang ditunjukkan oleh wali kota, mulai dari Tugu 0 sampai ke Teupin Layeu. Ada beberapa spot yang sangat potensi untuk marina dan resor. Saya sudah mencatat dan harapannya saya akan berkoordinasi langsung dengan beberapa investor potensial berkaitan dengan penyediaan fasilitas, event seperti bahari, sport, tourism, cultural dan mize," ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga pun melanjutkan perjalanan menuju Taman Wisata Putro Ijo. Destinasi yang punya potensi desa wisata ini pun menampilkan beberapa produk UMKM nya. Ada anyaman daun kelapa, souvenir magnet dari kelapa dan kerang dan hingga kain ecoprint.

"Saya sudah melihat kearifan lokal dan semuanya mengandung satu cerita yaitu peran kelapa pada kehidupan masyarakat Sabang. Tadi saya juga mencoba menyiapkan kue khas. Dan ini merupakan pengelolaan desa wisata yang mandiri dan bisa membangkitkan perekonomian dan ekonomi kreatif," papar Sandiaga.

Di kesempatan kali ini Sandiaga pun menitipkan pesan kepada Dekranasda untuk menuju digitalisasi.

"Penting mengangkat para perajin masuk ke platform digital. Saya harap mereka punya toko online dan melakukan digitalisasi usaha mereka. Juga teruntuk kuliner. Ini jadi kearifan dan terus kita tingkatkan untuk ekonomi kreatif," tutup Sandiaga.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA