Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Mei 2021 15:18 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Uno Kunjungi Masjid Ikonik Banda Aceh

Syanti Mustika
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno di Banda Aceh.
Sandiaga Uno di Banda Aceh (Syanti Mustika/detikTravel)
Banda Aceh -

Dalam kunjungan kerja ke Banda Aceh, Sandiaga Uno berkunjung ke masjid yang ikonik di Banda Aceh. Dia berkunjung ke Masjid Rahmatullah dan Masjid Baiturrahman.

Menparekreaf Sandiaga Uno berkunjung ke Aceh dalam kunjungan kerja dan melihat pariwisata Aceh. Salah satu destinasi yang dikunjunginya adalah Masjid Rahmatullah di Lampuuk.

Kita ingat lagi peristiwa besar berupa bencana tsunami yang melanda Aceh pada Desember 2004 silam. Gelombang air ini meluluh lantakkan Aceh, tapi ada yang kokoh berdiri dan tak goyah oleh gelombang yaitu Masjid Rahmatullah.

Menparekraf Sandiaga Uno di Banda Aceh.Di Banda Aceh, Sandiaga berkunjung ke dua masjid ikonik di sana (Syanti Mustika/detiktravel)

Padahal di sekitarnya hancur dan sudah rata oleh air. Inilah kuasa dari Allah SWT. Hal itu yang diungkapkan Sandiaga Uno usai berkeliling melihat masjid.

"Hari ini kita melihat Masjid Rahmatullah yang menjadi saksi kebesaran Allah. Allah betul-betul mendatangkan kekuatan di tengah tsunami Desember 2004 dimana meluluh lantakkan Desa Lampuuk, namun masjid ini kokoh berdiri," papar Sandiaga, Minggu (2/5/2021).

"Saya baru saja melakukan research bahwa ini salah yang dari wisata berbasis sejarah. Wisata religi yang masuk ke dalam hal mengingatkan kita pada kebesaran Allah," tambahnya.

Sandiaga pun berencana akan merangkum lagi cerita tentang sejarah masjid dan tsunami hingga tidak dilupakan begitu saja nantinya. Dia melihat adanya potensi masjid untuk meningkatkan ekonomi.

Kemudian Sandiaga bersama rombongan menuju ke Pantai Lampuuk untuk meletakkan batu pertama. Di pantai cantik ini akan dibangun musala.

"Di Pantai Lampuuk ini seperti yang kita lihat dengan mata kepala kita sendiri kecantikan pantainya sangat bersih pantainya yang sangat putih dan ini merupakan satu kesatuan dengan histourism yaitu wisata sejarah yang baru saja kita lihat di Masjid Rahmatullah. Dan hari ini kita meletakkan batu pertama musala di Lampuuk dan ini merupakan extension of service atau sebuah kemudahan bagi wisata berbasis muslim friendly atau pariwisata Halal," ujar Sandiaga.

"Ini memudahkan para wisatawan untuk beribadah selagi mereka menikmati keindahan alam. Tsunami tahun 2004 menjadi pengingat kita dan Lampuuk ini adalah bukti kebesaran Allah jadi ini bagian dari pada wisata religi wisata muslim trendy dan wisata halal yang menghadirkan sarana ibadah tempat pariwisata agar ibadah kita tidak tinggal saat berwisata," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Kadispar Aceh Jamaluddin juga memaparkan rencana pengembangan pantai. Dia juga mrminta bantuan Menparekraf untuk memberikan dukungan kepada mereka.

"Insya Allah kita akan terus melengkapi kebutuhan kebutuhan wisatawan kita Insya Allah tahun ini kita bangun musala. Tahun depan kita akan bangun MCK dan juga nanti mohon bantuan bapak menteri bisa membantu fasilitas yang lainnya. Kemarin kita sudah dibantu pada saat sosialisasi CHSE ada perangkat-perangkat seperti tong sampah dan segala macamnya sudah dibantu," papar Jamaluddin.

Setelah menikmati keindahan Pantai Lampuuk, Sandiaga bersama rombongan melanjutkan wisata religi ke Masjid Baiturrahman. Dia pun melaksanakan salat zuhur di sana.

Setelah salat, ditemani imam dan pengurus Masjid Raya Baiturrahman, serta Jamaluddin, Menparekraf Sandiaga Uno pun mengelilingi Masjid Raya Baiturrahman.



Simak Video "Menikmati Keindahaan Pantai Lampuuk, Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA