Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Mei 2021 07:43 WIB

TRAVEL NEWS

Dicari! Desa Wisata Terkeren ala Kemenparekraf

Femi Diah
detikTravel
Menparekraf Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno (dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Ada tujuh kategori yang dilombakan, lho.

Anugerah Desa Wisata 2021 itu diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Jumat (30/4/2021). Temanya Indonesia Bangkit.

Dalam pidatonya, Sandiaga menyebut ada tujuh kriteria yang dilombakan pada Anugerah Desa Wisata 2021 itu. Yakni, homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, dan daya tarik wisata.

Sandiaga optimistis Anugerah Desa Wisata itu bakal kompetitif. Sebab, Indonesia memiliki desa wisata berskala dunia yang menjadi acuan.

"Kita memiliki desa wisata terbersih di dunia, Desa Panglipuran. Dengan itu, penilaian ini bakal berstandar internasional," kata Sandiaga.

Desa wisata di seluruh Indonesia bisa mendaftarkan lewat jadesta.com mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021. Kemudian bakal dilanjutkan dengan kurasi dan penilaian oleh juri dan acara puncak jatuh pada 7 Desember.

"Anugerah Desa Wisata 2021 ini menjadi penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia. Targetnya, 500 desa wisata atau lebih karena kita mempunyai 75 ribu desa wisata di Indonesia," kata Sandiaga.

"Anugerah Desa Wisata 2021 ini diperuntukkan bagi semua desa wisata, meliputi pengusaha, pengelola desa wisata, komunitas kreatif pencinta desa wisata dan semua pihak yang berkecimpung di desa wisata," dia menjelaskan.

Sandiaga sekaligus mengingatkan pengembangan desa wisata menitikberatkan pada wisata berkelanjutan, sosial, lingkungan, dan ekonomi. Selain itu, pengembangan desa wisata diharapkan bukan cuma berdampak kepada ekonomi masyarakat, tapi juga pelestarian lingkungan.



Simak Video "Desa Wisata RI Disebut Berpotensi Jadi Digital Nomad"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA