Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Mei 2021 20:42 WIB

TRAVEL NEWS

Ujung Kereta Cepat Bandung Masih Jauh dari Pusat Kota

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (Foto: detikcom)
Jakarta -

Kereta cepat Jakarta-Bandung masih dalam tahap pengerjaan. Stasiun di Bandung masih berada di kawasan kabupaten dan berjarak sekitar dua jam dari pusat Kota Bandung.

Seperti diketahui, ujung kereta cepat Jakarta-Bandung garapan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) ini ada di Tegalluar, sebuah desa di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, menyebut kawasan itu terbilang jauh dari pusat kota.

"Kereta cepat Jakarta-Bandung masih di Tegalluar ujungnya. Jadi itu masih sekitar 2 jam ke Kota Bandung," kata Kang Yana dalam program Pulang Kampung Digital, yang disiarkan secara langsung di detikcom, Selasa (4/5/2021).

Lebih lanjut, akibat stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung terlalu jauh ke pusat Kota Bandung, bisa membuat penumpang belum bisa beralih ke moda anyar bila sudah rampung pengerjaannya. Jadi harus ada transportasi pendukung yang memadai.

"Kalau nggak ada LRT dan transportasi pendukung lain ya pasti pada naik kereta biasa daripada kereta cepat Jakarta-Bandung. Karena Bandung ini sudah ramai," jelas Yana.

Soal waktu tempuh, dengan headway 20 - 30 menit, Kereta Cepat ini akan hadir dengan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit.

Yana menambahkan bahwa saat ini, Bandung begitu ramai. Embun dan juga kabut yang selalu datang di pagi hari jadi jarang ditemui hingga membuatnya kangen momen tersebut.

"Sekarang Kota Bandung 2,5 juta penduduknya di malam hari dan nambah 1,2 juta di siang hari," jelas Yana.

Di sisi lain, Bandung juga terkenal dengan kulinernya karena memiliki ranking 7 di dunia. "Kulinernya enak dan enak banget kalau Bandung," imbuh Yana.



Simak Video "Jokowi Sebut Kereta Cepat Jakarta Bandung Uji Coba Akhir Tahun 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA