Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 08 Mei 2021 21:11 WIB

TRAVEL NEWS

Gletser Mencair Ungkap Gua Harta Karun Tentara Perang Dunia I

Gua tentara Perang Dunia I di Italia
Gua tentara Perang Dunia I di Italia (Foto: CNN)
Roma -

Para peneliti telah menemukan harta karun berupa artefak Perang Dunia I. Lokasinya ada di sebuah gua di Italia utara dan terungkap karena gletser yang mencair.

Selama perang, gua penampungan ini menampung 20 tentara Austria. Mereka ditempatkan di Gunung Scorluzzo di seberang Alpine, dekat dengan Stelvio Pass yang terkenal, kata sejarawan Stefano Morosini pada CNN.

Memang, sudah banyak orang yang tahu akan tempat perlindungan itu. Namun, para peneliti baru bisa memasukinya pada 2017 karena gletser di sekitarnya telah mencair, kata Morosini, yang merupakan koordinator ilmiah proyek warisan di Taman Nasional Stelvio.

Di dalamnya mereka menemukan makanan, piring dan jaket yang terbuat dari kulit binatang. Selain itu masih banyak barang lainnya.

Artefak tersebut menggambarkan kehidupan sehari-hari yang sangat buruk para tentara. Mereka harus menghadapi kondisi lingkungan yang ekstrem.

Suhu musim dingin di sana bisa turun hingga -40 derajat Celcius. "Tentara tak hanya berjuang menerjang longsoran salju tetapi juga melawan musuh," kata Morosini.

"Artefak adalah representasi, seperti mesin waktu, dari kondisi ekstrim kehidupan selama Perang Dunia I," katanya. Ia menambahkan bahwa akan lebih banyak penemuan harta karun di daerah itu setiap musim panas saat gletser mencair.

Gua tentara Perang Dunia I di ItaliaGua tentara Perang Dunia I di Gunung Scorluzzo, Italia (Foto: CNN)

"Ini semacam museum terbuka," kata Morosini, yang mengatakan bahwa lima tahun lalu ditemukan mayat dua tentara. Bersama mereka, ada dokumen yang memungkinkan untuk diidentifikasi dan jenazahnya bisa diberikan kepada keluarganya.

Artefak dari gua penampungan sedang diawetkan dan akan menjadi bagian dari koleksi yang akan dipamerkan pada akhir 2022. Lokasinya di sebuah museum yang didedikasikan untuk Perang Dunia I di Kota Bormio, Italia utara.

Tempat penampungan itu didiami oleh pasukan Austria. Gua ini sama sekali tidak terlihat oleh pihak Italia dari pengamatan udara, menurut pernyataan dari Museum Perang Putih, yang terletak di Adamello, Italia utara.

Gua tentara Perang Dunia I di ItaliaGua tentara Perang Dunia I di Italia (Foto: CNN)

Gua itu berada di ketinggian 3.094 meter, tepat di bawah puncak Gunung Scorluzzo. Pekerjaan penggalian telah dilakukan setiap Juli dan Agustus sejak 2017, menghilangkan sekitar 60 meter kubik es dari gua.

Sebanyak 300 benda ditemukan, termasuk kasur jerami, koin, helm, amunisi, dan koran.

"Penemuan ini memberi tahu kita harta karun tentang sepotong pengetahuan kehidupan di mana waktu berhenti pada 3 November 1918. Itulah saat di mana tentara Austria terakhir menutup pintu dan bergegas menuruni bukit," jelas siaran pers museum.



Simak Video "Pengadilan Italia Gelar Sidang 70 Anggota Mafia Ndrangheta"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA