Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Mei 2021 08:43 WIB

TRAVEL NEWS

Libur Lebaran, Danau Kelimutu Tutup Selama Sepekan

Antara
detikTravel
Wisatawan menikmati pemandangan Danau Kelimutu di kabupaten Ende, NTT Selasa (15/12/2020). Semenjak adanya pandemi COVID-19, jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan itu turun dratis dari sebelumnya 600 wisatawan per hari menjadi 200-300 wisatawan per hari. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/aww.
Danau Kelimutu ditutup untuk wisatawan selama sepekan. (Antara Foto/Kornelis Kaha)
Jakarta -

Destinasi wisata Danau Kelimutu tutup mulai Senin, 10 Mei 2021 sampai sepekan ke depan. Itu untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu, Agus Sitepu, mengatakan keputusan itu diambil dengan berkaca pada libur lebaran tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, Danau Kelimutu, yang berada di dalam Taman Nasional Kelimutu di Nusa Tenggara Timur (NTT), dikunjungi hingga 3.000 wisatawan dalam sehari saat libur lebaran.

"Padahal, kapasitasnya hanya bisa menampung 400 wisatawan," kata Agus Sitepu seperti dikutip Antara.

Para wisatawan yang membludak di masa liburan itu, menurut Agus, meluber dari puncak Danau Kelimutu sampai area parkir.

Andai situasi serupa terjadi kali ini, penerapan jaga jarak sebagai salah satu protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona bakal sulit dilakukan. So, kondisi itu rentan memicu penularan virus Corona.

Wisata Danau Kelimutu buka lagi pada Selasa, 18 Mei 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Wisatawan wajib memakai masker, menjaga jarak, dan memperhatikan kebersihan diri serta lingkungan.

Hasil rapat koordinasi bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 menunjukkan saat ini kasus positif di Kabupaten Ende cukup tinggi. Agus tidak ingin muncul klaster Covid-19 dari wilayahnya.

Lagipula, Taman Nasional Kelimutu termasuk kawasan Danau Kelimutu sudah mengantongi sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability atau CHSE dari Kementerian Pariwisata. Dia berharap sertifikat itu tidak gugur.



Simak Video "Danau Kelimutu, Pesona Keunikan dan Keindahan Alam Nusa Tenggara Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA