Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mei 2021 07:15 WIB

TRAVEL NEWS

Buka Saat Libur Lebaran, Objek Wisata Kuningan Terapkan Prokes Super Ketat

Bima Bagaskara
detikTravel
Wisata Pondok Cai Pinus Kuningan
Wisata Pondok Cai Pinus Kuningan (Bima Bagaskara /detikTravel)
Kuningan -

Objek wisata di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dipastikan akan tetap buka selama masa libur lebaran Idulfitri nanti. Meski begitu, penerapan protokol kesehatan yang super ketat bakal dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan, Toto Toharudin, mengatakan kepastian dibukanya objek wisata selama masa libur Lebaran diambil berdasarkan hasil kesepakatan kepala dinas se-Jawa Barat.

"Berdasarkan kesepakatan kepala dinas se-Jawa Barat bahwa yang dilarang itu yang zona merah, Kabupaten Bandung Barat dan Tasikmalaya. Sementara untuk yang orange kebijakan Gubernur akan dibuka," kata Toto saat dikonfirmasi detikTravel, Selasa (11/5/2021).

Meski tetap dibuka, tapi seluruh objek wisata di Kabupaten Kuningan diminta untuk menerapkan protokol kesehatan yang super ketat. Toto bilang langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya kasus baru di Kabupaten Kuningan pada masa libur Lebaran.

"174 daya tarik wisata di Kuningan tetap buka sampai lebaran dan setelahnya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang super ketat," kata Toto.

Menurutnya kesepakatan yang telah dibuat antar kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning juga menjadi rujukan objek wisata tetap dibuka. Kata dia, nantinya pengunjung yang berasal dari Ciayumajakuning hanya perlu menunjukkan kartu identitas.

Sementara untuk pengunjung luar daerah, diwajibkan untuk menyertakan surat hasil pemeriksaan COVID-19 dan dinyatakan sehat.

"Jadi, kebijakan aglomerasi yang disepakati para kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning juga jadi rujukan. Jadi wisatawan hanya perlu menunjukkan KTP saja, tidak perlu menunjukkan keterangan lain," kata dia.

"Kalau dari luar daerah untuk berwisata harus bawa surat hasil antigen, kalau dia nginap di Kuningan tunjukkan reservasi hotel tempat menginap," dia menambahkan.

Terpisah, Bupati Kuningan Acep Purnama mengancam tidak segan menutup objek wisata di Kabupaten Kuningan yang pada saat libur Lebaran nanti dipenuhi pengunjung. Ia pun mengimbau masyarakat untuk menikmati momen Lebaran nanti bersama keluarga.

"Jika ada keramaian di tempat wisata bisa kami tutup itu, tapi untuk sementara ini masih dibuka. Tapi saya berharap tidak wisata, nikmati saja momen Lebaran bersama keluarga," kata Acep.



Simak Video "Keseruan Beri Makan Gajah di Solo Zoo"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA