Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Mei 2021 15:35 WIB

TRAVEL NEWS

Kenapa Pilot dan Pramugari Jarang Lewati Pemeriksaan Keamanan Bandara?

Femi Diah
detikTravel
Handsome male pilot and attractive female flight attendant are walking in airport terminal together.
Ilustrasi pilot dan pramugari di bandara (iStockphoto)
Jakarta -

Pramugari asal Amerika Serikat, Kat Kamali, kembali membeberkan rahasia penerbangan. Kini, dia mengungkap alasan pilot dan pramugari jarang melewati pemeriksaan keamanan di bandara.

Dikutip detikTravel dari Mirror, Rabu (12/5/2021), Kamali membuka rahasia itu seperti yang sudah-sudah melalui video di TikTok. Dia membuka dengan pertanyaan, "Pernahkah saat kalian berada di bandara berpikir 'di mana semua pramugari dan pilotnya? Mengapa mereka tidak melalui pemeriksaan keamanan?'"

"Aku akan membeberkan yang sebenarnya, nih," begitu katanya.

Katmalani bilang pramugari dan pilot bukannya bisa benar-benar bebas tidak melewati pemeriksaan keamanan bandara. Justru detail data pilot dan pramugari sudah terekam dalam sebuah sistem.

"Jadi, di sebagian besar bandara besar, kami memiliki sesuatu yang dikenal sebagai KCM atau anggota kru kabin yang telah dikenali," kata Katmalani.

"Ketika kami direkrut, latar belakang kami diperiksa secara ekstensif, juga sidik jari kami, semua proses kami jalani," dia menambahkan.

Selain itu, pilot dan pramugari mendapatkan akses khusus di sejumlah bandara. Mereka tinggal memindai tanda pengenal dan data mereka bakal dibaca oleh sistem.

Tapi kadang kala mereka juga tetap harus melewati pemeriksaan keamanan, kok. Biasanya, pemeriksaan dilakukan secara acak.

"Setelah kami memindai lencana kami, namun kemudian petugas bilang kami harus melalui pemeriksaan keamanan makam kami harus menjalani pemeriksaan itu seperti penumpang lain," dia menjelaskan.

Perbedaan kru kabin dengan penumpang pesawat lainnya adalah soal bawaan. Pilot dan pramugari mendapatkan jatah bagasi. Mereka bisa membawa lebih banyak barang cairan ke pesawat.

Video soal pilot dan pramugari yang itu jarang melewati jalur pengecekan keamanan bandara itu, juga seperti yang sudah-sudah, menjadi viral. Video tersebut telah ditonton lebih dari 372.000 akun dengan lebih dari 64.000 suka.



Simak Video "Saksi Mata: Di Balik Fenomena Kematian 52 Paus Pilot di Bangkalan"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA