Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 17 Mei 2021 07:11 WIB

TRAVEL NEWS

Ngeyel Banget! Diingatkan Pakai Masker, Wisatawan di Pantai Gunungkidul Cuek

Sejumlah wisatawan yang tengah berkunjung ke kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul terjaring razia penggunaan masker. Sebagian besar yang terjaring wisatawan lokal dan bagi yang terjaring razia diberikan edukasi dan masker gratis.
Foto: (Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul)
Gunungkidul -

Ratusan wisatawan di tempat wisata Kabupaten Gunungkidul, khususnya tempat wisata pantai, melanggar protokol kesehatan (prokes). Imbauan petugas diabaikan.

"Tercatat hari Sabtu (15/5/20210) ada 98 pengunjung tidak menggunakan masker, 45 orang salah, dan 16 lainnya membawa tapi ditaruh di tas. Jumlah itu berasal dari Baron sampai Pantai Ngrenehan," kata Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Surisdiyanto kepada wartawan di Kabupaten Gunungkidul, Minggu (16/5/2021).

Jika diakumulasi dengan hasil operasi masker sebelum-sebelumnya, jumlah total wisatawan yang melanggar melanggar prokes mencapai ratusan orang. Menurutnya, petugas tidak kurang-kurang dalam memberikan imbauan bahkan memberikan masker gratis bagi wisatawan yang tidak membawa masker.

"Tapi namanya juga orang banyak, jadi setelah diingatkan (untuk pakai masker dengan benar) mereka patuh dan setelah itu ya begitulah (abai prokes)," dia menambahkan.

Ya, sejumlah wisatawan yang tengah berkunjung ke kawasan Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul terjaring razia penggunaan masker. Sebagian besar yang terjaring wisatawan lokal dan bagi yang terjaring razia diberikan edukasi dan masker gratis.

Pantai GunungkidulPantai Gunungkidul. Foto: Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Kabupaten Gunungkidul Surisdiyanto menyebut selama libur lebaran ini telah melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan. Hasilnya, sejak Kamis (13/5/2021) tidak sedikit wisatawan yang tidak mengenakan masker.

"Untuk hasil operasi pada hari Kamis ada 40 wisatawan yang sama sekali tidak membawa masker, dan 11 lainnya salah atau tidak benar dalam menggunakan masker," kata Surisdiyanto saat dihubungi wartawan.

"Terus untuk hari ini terdapat 70 wisatawan tidak menggunakan masker, 12 orang salah dalam menggunakan masker dan 5 orang menaruh masker di dalam tas," Surisdiyanto menambahkan.

Operasi masker tersebut, kata Surisdiyanto, dimulai dari Pantai Seruni Kapawon Tepus hingga ke bukit Paralayang Kapanewon Purwosari. Oleh sebab itu, jumlah personel yang terlibat dalam operasi ini mencapai 64 orang.

Menyoal sanksi khusus bagi pelanggar protokol kesehatan, dia menyebut tidak ada. Mereka hanya melakukan pendataan, memberi edukasi, dan membagikan masker kepada wisatawan yang tidak membawa masker.

"Kalau yang terjaring operasi itu wisatawan lokal (DIY). Dan, bagi yang tidak membawa masker langsung kita data dan kita berikan masker gratis," ujarnya.



Simak Video "Pantau PTM, Satgas Covid-19 Polman Sanksi Siswa yang Abaikan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA